detikNews
2019/06/25 21:35:34 WIB

Round-Up

Antara Keyakinan JK dan Jejak Hitam Koruptor di Penjara

Tim detikcom - detikNews
Halaman 2 dari 3
Antara Keyakinan JK dan Jejak Hitam Koruptor di Penjara Aksi teatrikal di depan KPK menyoroti dugaan 'jual-beli' sel di Lapas Sukamiskin oleh koruptor. (Ari Saputra/detikcom)


Setidaknya kelakuan-kelakuan koruptor di Sukamiskin terungkap dalam persidangan perkara dugaan suap pada mantan Kalapas Sukamiskin Wahid Husein pada awal tahun ini. Misalnya tentang mantan Bupati Bangkalan Fuad Amin, yang diyakini jaksa KPK dalam surat dakwaannya bisa singgah di rumah mewah di kawasan Dago, Bandung.

"Saudara saksi ngontrak rumah di Dago itu untuk apa?" tanya jaksa kepada Fuad, yang duduk sebagai saksi dalam sidang lanjutan Wahid di Pengadilan Tipikor Bandung pada Rabu, 6 Februari 2019.

Fuad mengaku menyewa rumah itu untuk istrinya agar lebih dekat dari Lapas Sukamiskin, tempat dirinya menjalani hukuman pidana. Selain itu, Fuad mengaku dua anaknya bersekolah di Bandung.

"(Rumah di Dago) punya saudara, saya ngontrak," jawab Fuad saat itu.

Antara Keyakinan JK dan Jejak Hitam Koruptor di PenjaraFuad Amin (Ari Saputra/detikcom)




Dalam dakwaan Wahid, Fuad disebut beberapa kali mengajukan izin keluar dari Lapas Sukamiskin dengan alasan berobat di Rumah Sakit Dustira, Cimahi. Namun Fuad menyalahgunakan izin tersebut untuk singgah di rumah mewah di Jalan H Juanda 175, Dago, Bandung.

Kejadian ini disebut salah satunya terjadi pada 21 Maret 2018. Fuad menginap di rumahnya setelah keluar dari Lapas Sukamiskin menggunakan ambulans hingga RS Hermina Bandung. Setiba di RS Hermina, Fuad pindah ke mobil lain dan pergi bermalam di rumah mewahnya.

Selain urusan itu, Fuad mengakui sering memberikan fasilitas atau uang kepada ajudan Wahid yang bernama Hendry Saputra. Fuad mengaku terbiasa menolong orang lain.

"Betul, saya pernah ngasih Rp 5 juta (ke Hendry), tapi saya nggak ingat peruntukannya untuk apa. Seingat saya cash," kata Fuad, masih dalam sidang itu.

Bagaimana dengan kelakuan koruptor lain?

Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com