detikNews
Kamis 20 Juni 2019, 18:45 WIB

Mobil Maybach Nunggak Pajak Rp 181 Juta, BPRD: Diduga Hindari Progresif

Rolando Fransiscus Sihombing - detikNews
Mobil Maybach Nunggak Pajak Rp 181 Juta, BPRD: Diduga Hindari Progresif Foto: Kepala BPRD DKI Jakarta Faisal Syarifudin (Rolando/detikcom)
Jakarta - Mobil Mercedez-Maybach B-158-E menunggak pajak sebesar Rp 181 juta. Kepala Badan Pajak dan Retribusi Daerah (BPRD) DKI Jakarta Faisal Syarifudin curiga ada upaya pemilih mengalihkan kepemilikan mobil tersebut untuk menghindari pajak progresif.

Mobil tersebut terdaftar atas nama perusahaan properti PT Sari Kebon Jeruk Permai yang beralamat di Meruya, Kebon Jeruk, Jakarta Barat. Faisal mengatakan pihaknya akan berkoordinasi dengan Dirjen Pajak terkait hal ini.

"(Untuk mengetahui) apakah mobil yang menunggak pajak atas nama badan ini sudah tercatat dalam laporan pajak badan (perusahaan)," kata Faisal kepada wartawan di Meruya, Jakarta Barat, Kamis (20/6/2019).

Faisal menduga, pemilik sengaja mengalihkan kepemilikan kendaraan tersebut ke perusahaan untuk menghindari pajak progresif.



"Karena kami beranggapan, berasumsi, kemungkinan ada pengalihan dari mobil pribadi pengalihan ke badan dalam rangka menghindari pajak progresif," katanya.

"Harapan kami ini tidak terjadi. Karena apa? Karena mobil mewah pajak progresifnya cukup tinggi sehingga mereka mengalihkan pajak pribadi ke badan yang kena pajak progresif," tuturnya.

Pihak BPRD DKI Jakarta telah melakukan pengecekan ke kantor perusahaan terkait menunggaknya pajak kendaraan bermotor (PKB) mobil Maybach ini. Faisal mengatakan pihaknya akan memberikan sanksi terhadap pemilik kendaraan atas keterlambatan pembayaran PKB tersebut.

"Nanti itu proses selanjutnya, nanti kita selain berikan denda, kita berikan teguran ke-1, 2, dan 3. Ini nanti tergantung kemampuan wajib pajak untuk melakukan pembayaran. Kami berharap dengan kondisi ini mereka dapat membayar pajaknya," paparnya.


(mea/mea)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com