detikNews
Rabu 19 Juni 2019, 15:45 WIB

Jaksa Teliti Berkas 5 Komisioner KPU Palembang Tersangka Pidana Pemilu

Raja Adil Siregar - detikNews
Jaksa Teliti Berkas 5 Komisioner KPU Palembang Tersangka Pidana Pemilu Foto: Penyidik saat menyerahkan berkas pidana pemilu 5 komisioner KPU Palembang ke Kejaksaan Negeri Palembang (Raja Adil Siregar/detikcom)
Palembang - Kejari Palembang akan meneliti detail berkas 5 komisioner KPU Kota Palembang tersangka kasus pidana pemilu. Jika berkas lengkap, kasus akan dilanjutkan hingga ke persidangan.

"Sebagaimana telah diatur dalam undang-undang kita memiliki waktu 3 hari untuk melakukan penelitian berkas perkara dan mengambil sikap, apakah berkas perkara nanti lengkap (P21) atau masih ada yang harus dilengkapi lagi," terang Kasi Pidum Kejari Palembang Yuliati Ningsih ditemui di kantornya, Rabu (19/6/2019).


Terkait jumlah berkas yang diterima dari penyidik, Yuliati memastikan hanya satu berkas atas nama EF dan 4 komisioner KPU lainnya. EF sendiri menjabat Ketua KPU Kota Palembang.

"Berkasnya satu dan tidak terpisah. Atas nama EF dan kawan-kawan. Ke depannya akan kita proses untuk segera kita tindak lanjuti," katanya.


Dari pelimpahan berkas 5 tersangka itu nantinya akan ditentukan nasib seluruh komisioner KPU sebagai penyelenggara pemilu April lalu. Tentu saja jika lengkap akan segera disidangkan.

Sebagaimana diketahui, 5 komisioner KPU Kota Palembang ditetapkan sebagai tersangka oleh polisi setelah ada laporan dari Ketua Bawaslu Kota, Taufik. Dalam laporan, Taufik menyebut 5 komisioner KPU tak mau menjalankan rekomendasi PSU pada Pemilu April lalu.


Akibat rekomendasi tidak dilaksanakan, banyak warga Kecamatan Ilir Timur II, Kota Palembang yang kehilangan hak pilihnya. Kelima komisioner itu dituding sebagai dalang dan menghilangkan hak pilih warga.

Dari kasus tersebut, sedikitnya ada 20 orang diperiksa sebagai saksi. Saksi diperiksa mulai dari tingkat KPPS, PPK, Bawaslu hingga KPU tingkat provinsi.
(ras/gbr)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com