detikNews
Senin 17 Juni 2019, 14:13 WIB

Terkendala Masalah Kesehatan, Sofyan Jacob Belum Diperiksa Polisi

Samsuduha Wildansyah - detikNews
Terkendala Masalah Kesehatan, Sofyan Jacob Belum Diperiksa Polisi Mantan Kapolda Metro Jaya Komjen (Purn) Sofyan Jacob (Foto: Wildan/detikcom)
Jakarta - Matan Kapolda Metro Jaya Komjen (Purn) Sofyan Jacob memenuhi panggilan polisi untuk diperiksa terkait kasus dugaan makar. Namun hingga siang ini Sofyan Jacob belum diperiksa karena terhambat masalah kesehatan.

Kuasa hukum Sofyan, Ahmad Yani, menyampaikan bahwa kliennya sebelumnya tidak memenuhi panggilan polisi karena sakit gigi. Namun, karena punya niat baik, Sofyan akhirnya memenuhi panggilan polisi.

"Tadi Pak Sofyan dipanggil jam 10.00 WIB. Beliau dengan iktikad baik sebagai warga negara tentu mematuhi panggilan penyidik. Beliau datang bahkan lebih awal dari kita... jam 10.00 WIB dipanggil, jam 09.00 WIB sudah ada di Polda. Kita lawyer-nya baru beberapa menit kemudian (datang)," jelas Ahmad Yani di Polda Metro Jaya, Jakarta, Senin (17/6/2019).

Sofyan datang ke Polda Metro sekalian membawa surat kesehatan. Sofyan meminta penyidik kembali menunda pemeriksaan karena kondisinya sedang tidak fit.

"Pak Sofyan, di samping dia membawa surat juga bahwa kondisi hari ini dia tidak sehat betul, karena ada surat keterangan berikutnya lagi itu nggak hanya sakit gigi, tapi juga masalah kesehatan itu diabetes dan juga gangguan di saluran jantung," sambung Ahmad Yani.


Sofyan tiba sekitar pukul 09.00 WIB. Pada awal pemeriksaan, Sofyan menyatakan tidak bersedia diperiksa karena sedang sakit.

"Maka tadi pada waktu proses pemeriksaan awal, dimulai di awal nanya identitas dan lain sebagainya, pada waktu Pak Sofyan diminta apakah bersedia diperiksa atau tidak, Pak Sofyan menyatakan tidak bersedia untuk diperiksa karena kondisi kesehatannya tidak memungkinkan," tuturnya.

Untuk memastikan hal itu, penyidik kemudian memanggil tim medis untuk mengecek kondisi kesehatannya. Sofyan diperiksa jantung dan denyut nadinya.

"Berdasarkan denyut jantung dan nadi, menurut keterangan dari dokter yang ada di sini (Polda Metro), bahwa Pak Sofyan masih dianggap sehat dan masih bisa lanjutkan pemeriksaan," katanya.

Namun Sofyan berkeras tidak mau diperiksa dengan alasan kondisi kesehatannya yang tidak memungkinkan itu. Karena adanya perbedaan pandangan dari dokter Polda Metro Jaya dan dokter yang memberikan surat sakit ke Sofyan, pemeriksaan pun belum dilanjutkan.

"Kelanjutannya apakah nanti akan dipanggil lagi dokter yang lebih khusus, lebih spesialis karena ini menyangkut penyakit dalam, tentunya memang harus disediakan dokter khusus. Atau kalau menurut KUHAP itu perlu dia didampingi oleh dokter pribadinya, masih tetap saja karena masih dalam kondisi seperti itu. Tadi jam mendekati (pukul) 12.00 kondisi Pak sofyan agak drop, pusing, tidak konsentras,i dan sekarang lagi istirahat di ruangan lagi berbaring," tutup Ahmad Yani.




Simak Juga 'Jejak M Sofjan Jacoeb hingga Berstatus Tersangka Kasus Makar':

[Gambas:Video 20detik]


(mea/mea)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com