detikNews
Jumat 14 Juni 2019, 13:32 WIB

Tak Disinggung di Gugatan Prabowo, KPU: Seharusnya Kami Bukan Termohon

Lisye Sri Rahayu - detikNews
Tak Disinggung di Gugatan Prabowo, KPU: Seharusnya Kami Bukan Termohon Sidang Mahkamah Konstitusi (Grandyos Zafna/detikcom)
FOKUS BERITA: Putusan MK Pilpres 2019
Jakarta - Komisi Pemilihan Umum (KPU) melihat sejauh ini tidak ada hal yang disangkakan ke pihaknya dalam gugatan Prabowo-Sandiaga ke Mahkamah Konstitusi (MK). Oleh sebab itu, KPU merasa tidak layak disebut sebagai pihak termohon.

"Kalau melihat pembacaan sampai dengan diskors tadi sampai pukul 11.15 WIB, kami merasa sebetulnya kami tidak harus berada di posisi termohon karena tidak ada yang diduga atau disangkakan ke kita," ujar Ketua KPU Arief Budiman di gedung MK, Jalan Medan Merdeka Barat, Jumat (14/6/2019).



Arief mengatakan KPU masih menunggu pembacaan permohonan dari tim hukum Prabowo pada halaman berikutnya. Namun sampai saat sidang ditunda, Arief menilai belum ada sengketa hasil yang menunjukkan KPU sebagai pihak termohon. Menurutnya, gugatan lebih kepada sengketa proses yang ditujukan kepada pasangan 01, Jokowi-Ma'ruf.

"Kita belum tau halaman berikutnya. Tapi kalau sampai dengan halaman ini sih rasa-rasanya kami tidak harus jadi termohon," kata dia.

"Ya karena memang belum ada sengketa hasil yang disampaikan sampai dengan pukul 11.15 WIB ya. Dan kebanyakan kan sengketa proses bukan karena KPU, tetapi karena pasangan calon yang lain," lanjutnya.



Selain itu, KPU mempersoalkan pembacaan permohonan oleh tim hukum Prabowo yang seharusnya membacakan permohonan gugatan pada 24 Mei tapi menggabungkannya dengan permohonan tanggal 10 Juni. Arief mengaku KPU akan memberikan jawaban saat diberi kesempatan untuk berbicara.

"Nah dua kali kami sebetulnya sudah mencoba mengingatkan tapi diminta untuk tunggu kalau ada saatnya diberi kesempatan bicara maka kami akan bicara," tutupnya.


Yusril Anggap Perbaikan Gugatan Prabowo-Sandi Propaganda:

[Gambas:Video 20detik]


(lir/imk)
FOKUS BERITA: Putusan MK Pilpres 2019
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed