Round-Up

Klaim Menang Berubah 3 Kali, BPN Prabowo Tepis Isu Inkonsistensi

Tim detikcom - detikNews
Jumat, 14 Jun 2019 08:08 WIB
Prabowo-Sandiaga Uno (Agung Pambudhy/detikcom)

BPN Prabowo-Sandi menjawab sorotan politikus Partai Solidaritas Indonesia (PSI) itu. Perubahan persentase yang ada dijelaskan sebagai hasil dari jumlah data yang masuk. Ini dinilai kubu Prabowo sebagai kewajaran.

"Perhitungan itu kan bertahap. Tidak semua datanya langsung diterima. Wajar jika ada perubahan dan koreksi sesuai dengan data yang masuk," Juru Debat BPN Prabowo-Sandiaga yang juga politikus Partai Amanat Nasional (PAN), Saleh Partaonan Daulay kepada wartawan.

Klaim Menang Berubah 3 Kali, BPN Prabowo Tepis Isu InkonsistensiSaleh Daulay (Dok. pribadi)



Koordinator Jubir BPN Dahnil Anzar Simanjuntak menjelaskan pihaknya tengah berkonstentrasi pada kecurangan Pemilu 2019 yang merugikannya. Soal perubahan angka klaim kemenangan dari 62%, 54%, hingga kini 52%, Dahnil mengatakan ada dinamika dalam pengumpulan data. Hal itu dipandang wajar, seperti umumnya proses pengumpulan data dalam survei dan exit poll.

Klaim Menang Berubah 3 Kali, BPN Prabowo Tepis Isu InkonsistensiDahnil Anzar Simanjuntak (Samsudhuha Wildansyah-detikcom)


"Jadi tidak ada inkonsistensi, yang ada kita sampaikan ada masalah dalam pilpres kita, terutama dalam masalah kejujuran dan keadilan," ujarnya.


(dnu/idn)