detikNews
2019/06/10 08:30:59 WIB

Round-Up

Banjir Usai Lebaran Landa Sulawesi dan Kalimantan

Noval Dhwinuari Antony, Mochamad Zhacky - detikNews
Halaman 1 dari 3
Banjir Usai Lebaran Landa Sulawesi dan Kalimantan Foto: Jembatan di Jalur Trans Sulawesi di Konawe Utara putus akibat banjir (dok. Istimewa).
Jakarta - Hujan dalam waktu lama di Indonesia bagian tengah mengakibatkan banjir di sejumlah wilayah usai Lebaran tahun ini. Banjir merendam 3 kecamatan di Kabupaten Sidrap, Sulsel, memutuskan jalur Trans Sulawesi di Konawe Utara, Sultra, hingga merendam sejumlah permukiman di Kota Samarinda, Kalimantan Timur.

Di Sulawesi Selatan, curah hujan yang cukup deras dalam sepekan terakhir membuat sejumlah wilayah di Kabupaten Sidrap terendam banjir. Banjir terjadi di tiga kecamatan merendam permukiman dan sejumlah fasilitas umum.

Tak hanya itu, air bahkan mulai meluber ke jalan dan membuat jalur Trans Sulawesi di Kecamatan Dua Pitue lumpuh total sejak pukul 11.00 Wita, Sabtu (8/6/2019).


Dari data Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Sidrap, 400 jiwa di Desa Bola Buku, Kecamatan Pitu Riase, terisolasi. Sebab, akses jalan terputus setelah diterjang banjir.

"Ini masih sementara di lokasi," kata Kepala BPBD Sidrap Siara Barang saat dihubungi detikcom.

Banjir tersebut merupakan air kiriman dari Kabupaten Enrekang dan Kabupaten Tana Toraja, yang disebabkan tingginya curah hujan sejak Rabu (5/6) hingga saat ini.
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com