detikNews
Senin 10 Juni 2019, 03:30 WIB

Kemenhub Sebut Ada Pria Lompat dari Kapal dan Hilang di Laut Sulawesi

Jefrie Nandy Satria - detikNews
Kemenhub Sebut Ada Pria Lompat dari Kapal dan Hilang di Laut Sulawesi Imran Rasyid (Foto: Jefrie Nandy Satria/detikcom)
Jakarta - Kementerian Perhubungan (Kemenhub) menyebut ada seorang pria yang lompat dari atas KM Lambelu saat berlayar di lau Sulawesi di alur luar Nunukan menuju Balikpapan. Menurut Kemenhub, kapal sempat berputar untuk mencari namun pria itu tak ditemukan.

"Ini kejadian pada hari ini, KM Lambelu berlayar di Selat Sulawesi alur luar Nunukan, menuju Balikpapan. Pada jam 8.48, 9 Juni 2019, jam 8.48 waktu tengah (WITA), ada laki-laki, umur diperkirakan 40 tahun, memakai baju hitam, celana jin gelap, memakai pakai peci, tiba-tiba datang ke belakang pagar kapal dek 7, berdiri dan melompat ke laut," kata Sekertaris Inspektorat Jenderal Kemenhub, Imran Rasyid, Minggu (9/6/2019).



Dia mengatakan ada dua saksi yang melihat kejadian itu. Kapal pun berupaya melakukan penyelamatan dengan mencari pria itu.

"Berputar, beberapa kali berputar di sekitar lokasi, mencari tetapi tidak ditemukan. Lima kali putaran kapal berusaha mencarinya, tidak ditemukan dan akhirnya melanjutkan perjalanan. Itu kejadian hari ini, Kapal Pelni ya hari ini," ucapnya.



Selain itu, Imran juga menyampaikan perkembangan pencarian korban kecelakaan KM Lintas Timur. Dia mengatakan ada tiga orang yang belum ditemukan Tim SAR.

"Kecelakaan kapal motor Lintas Timur, di mana 16 orang, person on boat yang belum ditemukan tiga oleh Tim SAR, dengan menggunakan speed boat Polairud, helikopter. Tapi ini masih penyelidikan penyebab kecelakaan," jelasnya.

Kecelakaan kapal juga terjadi di Raja Ampat. Imran menyebut kecelakaan itu terjadi pada KM Sabuk Nusantara 56 yang diawaki 18 orang dan membawa 58 penumpang.

"Proses evakuasi penumpang telah dilaksanakan. Tidak ada korban jiwa. Alhamdulillah," pungkasnya.
(haf/haf)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com