detikNews
Sabtu 08 Juni 2019, 21:10 WIB

Sidak ke PUPR, Ombudsman Puji Pembentukan Tim Pantau Jalan-Jembatan

Rolan - detikNews
Sidak ke PUPR, Ombudsman Puji Pembentukan Tim Pantau Jalan-Jembatan Sidak Ombudsman ke PUPR (Foto: Rolan/detikcom)
Jakarta - Ombudsman RI melakukan inspeksi mendadak (sidak) ke Kantor Ditjen Bina Marga Kementerian PUPR. Pihak Ombudsman memuji adanya tim pemantauan jalan dan jembatan selama Lebaran yang dibentuk PUPR.

Rombongan sidak dipimpin Anggota Ombudsman, Adrianus Meliala tiba di Dirjen Bina Marga, Jalan Patimura, Kebayoran Baru, Jakarta Selatan, Sabtu (8/6/2019) pukul 19.43WIB. Adrianus mengecek situasi ruang kontrol laporan media sosial.



Awalnya, Adrianus mengatakan jika lalu lintas adalah kaitannya dengan pihak kepolisian, sementara jembatan dan jalan urusan bina marga. Dia pun memuji adanya tim untuk memantau jalan dan jembatan selama libur Lebaran,

"Kami melihat bahwa Kementerian PUPR membuat satu unit persiapan pembangunan jalan dan jembatan dalam rangka pantauan Lebaran ini. Kami dari Ombudsman menyambut baik. Karena ini mencerminkan satu kegiatan sinergis sekali," ujarnya.

"Tadi kami bicara sebentar kalau bapak-bapak ini dari Bina Marga itu lebih berorientasi pada penyiapan fisiknya, maka polisi bicara soal persiapan arusnya, sementara daerah yakni Kanwil PU menyiapkan wilayahnya. Jadi ketiga ini harus sinergis betul dalam rangka penyiapan arus jalan dan jembatan yang dilalui masyarakat," sambungnya.



Selain itu, menurut Adrianus, perencanaan yang matang untuk mengeksekusi satu proyek sangat diperlukan. Adrianus menilai tanpa adanya perencanaan maka pembangunan tidak mungkin dilaksanakan dengan baik.

"Saya kira perencanaan adalah segala-galanya. Kalau tanpa perencanaan besar tanpa melibatkan pergerakan orang 12-11 juta tanpa perencanaan yang baik itu tanpa perencanaan jauh-jauh hari itu tidak mungkin," pungkasnya.
(haf/haf)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed