DetikNews
Selasa 21 Mei 2019, 13:37 WIB

Momen Langka Jokowi dan Prabowo Pidato Bareng Tanggapi Pengumuman KPU

Tim detikcom - detikNews
Momen Langka Jokowi dan Prabowo Pidato Bareng Tanggapi Pengumuman KPU Foto: ANTARA FOTO/Hafidz Mubarak A
FOKUS BERITA: Mantap Memilih!
Jakarta - Komisi Pemilihan Umum (KPU) telah mengumumkan hasil rekapitulasi suara Pemilu 2019. Dalam waktu yang hampir bersamaan, pasangan capres-cawapres Joko Widodo-Ma'ruf Amin dan Prabowo Subianto-Sandiaga Uno menyampaikan pidato untuk menanggapi penetapan KPU itu.

Awalnya, Prabowo dan Sandiaga menyampaikan pidato terkait pengumuman hasil rekapitulasi Pemilu 2019 yang dilakukan dini hari tadi. Prabowo tampak mengenakan kemeja berwarna krem dan celana panjang biru. Sedangkan Sandiaga mengenakan kemeja berwarna biru dan celana panjang berwarna krem.


Prabowo menyebut pengumuman KPU digelar senyap-senyap. "Terima kasih, izinkanlah saya atas nama pasangan calon presiden dan wakil presiden RI 02 dalam rangka Pemilu 2019 ini untuk membacakan statement yang kami susun untuk menanggapi pengumuman KPU dini hari tadi," kata Prabowo Subianto di kediamannya, Jl Kertanegara, Kebayoran Baru, Jakarta Selatan, Selasa (21/5/2019).


Prabowo-Sandiaga pun akan menempuh langkah hukum sesuai dengan konstitusi. "Akan melakukan upaya hukum sesuai konstitusi dalam rangka membela kedaulatan rakyat yang hak-hak konstitusinya dirampas pada pemilu," kata Prabowo.

Hanya selang beberapa menit kemudian, Jokowi dan Ma'ruf juga menyampaikan pidato atas pengumuman KPU. Jokowi-Ma'ruf memilih berpidato di lokasi Kampung Deret, Tanah Tinggi, Jakarta Pusat, Selasa (21/5). Jokowi dan Ma'ruf, yang kompak mengenakan kemeja berwarna putih, berpidato di tengah-tengah warga Kampung Deret. Mereka sebelumnya sempat menyapa dan bercengkerama dengan warga Kampung Deret. Sejumlah stasiun televisi bahkan mengalihkan siaran langsung dari Prabowo, yang sedang berpidato, ke momen pidato Jokowi.



Jokowi-Ma'ruf, yang ditetapkan oleh KPU sebagai pemenang Pilpres 2019, menyampaikan terima kasih atas kepercayaan rakyat Indonesia. "Saya dan Pak Kiai Ma'ruf mengucapkan terima kasih atas kepercayaan yang diberikan kepada kami berdua," tutur Jokowi.

Jokowi-Ma'ruf berjanji akan mewujudkan kepercayaan rakyat itu dalam bentuk program yang berguna bagi masyarakat.


Menanggapi langkah Prabowo-Sandiaga yang akan menempuh jalur konstitusi, Jokowi mengaku menghargainya dan menilai sikap Prabowo sudah sesuai dengan konstitusi. "Saya kira saya sangat menghargai, sangat menghargai apabila Pak Prabowo-Pak Sandi ke MK," kata Jokowi.


Seperti Apa Tahapan Setelah Pengumuman Hasil Rekapitulasi Pilpres 2019? Simak Videonya:

[Gambas:Video 20detik]


(aan/tor)
FOKUS BERITA: Mantap Memilih!
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed