DetikNews
Senin 20 Mei 2019, 11:24 WIB

Pilot Ajak Rusuh 22 Mei, Polisi: Konten FB-nya Berisi Jihad-Hoax

Rolando Fransiscus Sihombing - detikNews
Pilot Ajak Rusuh 22 Mei, Polisi: Konten FB-nya Berisi Jihad-Hoax Foto: dok. istimewa
Jakarta - Polres Metro Jakarta Barat menangkap seorang pilot berinisial IR karena mem-posting ajakan untuk rusuh pada 22 Mei 2019 di akun Facebook-nya. Polisi menyampaikan, akun Facebook IR berisikan hal-hal terkait jihad hingga berita-berita hoax.

"Konten tersebut berisikan jihad, dalam arti konteks yang bersangkutan, menurut yang bersangkutan dan juga ada konten-konten yang berisi informasi hoax, merekayasa gambar, isi dan sebagainya," kata Kapolres Jakarta Barat Kombes Hengki Haryadi kepada wartawan di kantornya, Slipi, Jakarta Barat, Senin (20/5/2019).

Hengki mengatakan, pada postingan tersebut, tersangka juga membuat narasi tentang upaya perlawanan terhadap negara. Tersangka patut diduga melakukan upaya makar.

"Sehingga menimbulkan atau menghasut orang untuk melakukan perlawanan termasuk benci terhadap institusi pemerintahan, termasuk negara," kata Hengki.



IR ditangkap pada Sabtu (18/5) pukul 03.00 WIB di rumahnya di Surabaya, Jawa Timur. IR adalah seorang pilot dari sebuah maskapai penerbangan.

Ditangkapnya IR berawal dari sebuah patroli siber yang dilakukan Polres Metro Jakarta Barat. Hasil penelusuran, polisi menemukan adanya postingan IR di akun facebooknya yang berisikan konten-konten negatif.

Polisi kemudian melakukan penyelidikan, sehingga akhirnya menangkap IR. IR saat ini diperiksa intensif di Polres Metro Jakarta Barat.

"Oleh karenanya saat ini kami sudah adakan pemeriksaan dan juga terhadap UU ITE kami proses sidik," kata Hengki.




Simak Juga "Polisi Tetap Antisipasi Gangguan Lain di Aksi 22 Mei":

[Gambas:Video 20detik]


(mei/mei)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed