DetikNews
Sabtu 11 Mei 2019, 21:22 WIB

Kakorlantas Akan Evaluasi Kesiapan Tol Fungsional Trans Sumatera untuk Mudik

Arief Ikhsanudin - detikNews
Kakorlantas Akan Evaluasi Kesiapan Tol Fungsional Trans Sumatera untuk Mudik Foto: Kakorlantas Polri Irjen Refdi Andri (Arief Ikhsanudin/detikcom)
Jakarta - Kakorlantas Polri Irjen Refdi Andri ingin tol fungsional di Sumatera layak untuk dilalui. Dia memberikan waktu dua minggu sebelum memastikan jalur tol fungsional yang akan digunakan untuk mudik lebaran 2019.

Saat mengecek rencana jalur tol fungsional dari Terbanggi Besar sampai Kayu Agung, masih banyak ruas jalan yang sulit dilalui. Seperti masih dalam proses pengaspalan, bahkan masih berupa tanah setelah KM 238.


"Justru itulah risiko yang kita pertimbangkan. Mudah-mudahan akan ada percepatan pekerjaan dalam kurun waktu 2 minggu ke depan," ucap Refdi kepada wartawan di Palembang, Sabtu (11/5/2019).

Korlantas dan pihak terkait akan melakukan evaluasi sebelum penggunaan tol fungsional. Akan dilihat apakah layak jalur tersebut dilalui oleh pemudik.

"Akan dilakukan evaluasi. Pada saat itulah akan ditetapkan dengan pertimbangan termasuk risiko yang disampaikan para media tadi. Bisa saja risiko mogok, kecelakaan dan lain-lain. Mungkin juga bencana alam, tapi semoga tidak bencana alam," ucap Refdi.


Rencananya, tol fungsional akan dibuka bersamaan dengan Operasi Ketupat pada 29 Mei sampai 10 Juni. Secara lebih jelas akan diumumkan kepada publik menjelang pelaksanaan operasi.

"Kita harap pembukaan jalur fungsional seirama dengan operasi ketupat yang kita lakukan, di mana, Operasi Ketupat 2019, kita lakukan di 29 bulan lima (Mei) hari Rabu, dan beberapa sebelumnya dilakukan penilaian dan evaluasi," ucap Refdi.
(aik/gbr)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed