detikNews
Rabu 08 Mei 2019, 08:42 WIB

Masuk Jam 6 Pagi Saat Ramadhan, PNS Banten Telat hingga Salah Seragam

Bahtiar Rifa'i - detikNews
Masuk Jam 6 Pagi Saat Ramadhan, PNS Banten Telat hingga Salah Seragam PNS di Banten masuk pagi. (Bahtiar Rifai/detikcom)
Serang - Kebijakan perubahan jam kerja dari pukul 06.00-12.30 WIB di lingkungan Pemprov Banten selama Ramadhan tak menjadikan PNS datang tepat waktu. Masih ada sebagian dari mereka yang datang terlambat.

Pantauan detikcom di Gedung SKPD Terpadu di Kawasan Pusat Pemerintahan Provinsi Banten, ada sebagian PNS yang datang lebih pagi dan langsung melakukan absensi. Bahkan, ada yang datang sejak pukul 05.30 WIB.

Semakin mendekati pukul 06.00 WIB, terlihat semakin banyak PNS yang datang tergesa-gesa untuk absen dengan cara scan wajah. Mereka bergantian melakukan absen di 4 alat yang disediakan.



Setelah pukul 06.00 WIB, intensitas PNS yang datang absen tidak seramai sebelumnya. Tapi masih ada sebagian dari mereka yang kemudian datang terlambat.

Dari pantauan keterlambatan PNS bahkan sampai 50 menit. Ada yang tergesa-gesa mengisi absen karena waktu menunjukan 06.20 WIB. Beberapa orang juga masih datang dan melakukan absensi sampai pukul 06.50 WIB.

Aturan kerja lebih pagi ini pun tak membuat mereka langsung bekerja. Ada sebagian PNS yang masih terlihat santai di kursi-kursi yang disediakan di bagian basement gedung. Ada juga PNS yang harus pulang kembali karena salah pakaian.

"Mau pulang lagi ganti pakaian salah," kata salah satu PNS karena mengenakan seragam cokelat sedangkan yang lain berpakaian warna putih.



Ada juga PNS yang memilih bercanda untuk kembali tidur saat ditanya rekannya.

"Sare deui, sare deui (tidur lagi, tidur lagi)," kata salah satu PNS laki-laki.

Ali, PNS dari Pandeglang di Biro Pemerintahan mengaku memang harus berangkat lebih pagi dari Pandeglang. Ia berangkat begitu selesai salat subuh.

"Jadi nggak tidur habis sahur takut kesiangan," ujarnya kepada detikcom di Serang, Banten, Rabu (8/5/2019).

Kebijakan masuk lebih pagi ini dinilai berat begitu hari pertama masuk pukul 06.00 WIB. Tapi, mereka senang karena bisa pulang lebih awal.

"Awalnya doang berat tapi hari kedua mah udah biasa," kata Dadang dari staf Biro Pemerintahan.



Simak video Skema THR untuk PNS, Pensiunan dan Swasta:

[Gambas:Video 20detik]


(bri/dnu)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com