DetikNews
Selasa 07 Mei 2019, 21:06 WIB

Km 25 Tol Cibitung-Brebes Barat akan Diberlakukan One Way H-3 Mudik

Rolando Fransiscus Sihombing - detikNews
Km 25 Tol Cibitung-Brebes Barat akan Diberlakukan One Way H-3 Mudik Ilustrasi (Agung Pambudhy/detikcom)
Jakarta - Korlantas Polri menyiapkan sejumlah rekayasa lalu lintas untuk mengantisipasi kemacetan saat mudik Lebaran. Salah satunya adalah menyiapkan one way di ruas Jalan Tol Cibitung.

"Bagaimana one way kita lakukan, kita rencanakan untuk pada saat mudik, one way kita berlakukan dari Km 25 Cibitung sampai Km 262 Brebes Barat," kata Kakorlantas Polri Irjen Refdi Andri kepada wartawan di Mabes Polri, Jalan Trunojoyo, Kebayoran Baru, Jaksel, Selasa (7/5/2019).

Begitu juga pada saat arus balik. Sistem satu arah akan diberlakukan di Tol Palimanan.

"Arus balik kita berlakukan di Km 189 Palimanan sampai Km 29 atau 25 (Cikampek), sehingga pergerakan-pergerakan kendaraan, orang, dan barang sekitar Jakarta atau Jakarta tidak terganggu betul dengan adanya one way yang kita berlakukan itu," katanya.

One way saat arus mudik rencananya diberlakukan pada tanggal 31 Mei, 1 Juni, dan 2 Juni. Sistem one way bersifat situasional dengan melihat kondisi pada puncak mudik.
"Karena melihat selama ini puncak-puncak mudik adalah H-3 atau H-4. Kita juga mengusulkan kepada pemerintah, tanggal 31 (Mei) yang belum diliburkan, mudah-mudahan bisa jadi cuti bersama dengan tanggal 3, 4, dan 7 (Juni). Harapan kita seperti itu," lanjutnya.

Sementara one way pada saat arus balik direncanakan diberlakukan pada H+3 hingga H+7 lebaran.

"Pada saat baliknya, hari-hari yang kami rencanakan adalah hari Minggu, 9 (Juni), hari Sabtu, 8 (Juni) dan Jumat, 7 (Juni). Mudah-mudahan itu bisa kita terapkan," lanjutnya

Polri menggelar Operasi Ketupat untuk mengamankan mudik Lebaran ini. Polri mengerahkan 182 ribu personel untuk mengamankan mudik tahun ini.

"Yang menjadi perhatian kita bergerak dari arah Jawa ke Sumatera tentu juga arah Bali dan NTB dan seterusnya. Saya kira kekuatan-kekuatan ini sudah sangat profesional, tergantung kita bagaimana kita optimalkan pada jam-jam tertentu dan hari-hari tertentu setelah juga kita melakukan analisis lebih tajam lagi menjelang Operasi Ketupat 2019," tutupnya.

(mea/mea)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed