DetikNews
Selasa 07 Mei 2019, 19:15 WIB

Periksa Sopir, Bawaslu Dapat Info Ribuan Form C1 dari Jl HOS Cokroaminoto

Eva Safitri - detikNews
Periksa Sopir, Bawaslu Dapat Info Ribuan Form C1 dari Jl HOS Cokroaminoto Penampakan kardus berisi ribuan form C1. (Grandyos Zafna/detikcom)
Jakarta - Bawaslu DKI telah memeriksa sopir Daihatsu Sigra pengangkut ribuan form C1 yang diamankan di Menteng, Jakarta Pusat. Bawaslu menyebut sopir itu merupakan taksi online yang menjemput form C1 di sekitar Jalan HOS Cokroaminoto, Jakpus.

"Jadi dimintai keterangan terkait yang namanya sopir taksi online, cuma ditanya, bagaimana kronologinya. Dia jelaskan sesuai dengan pemesanan karena kiriman barang yang dia ambil dia tujukan ke mana," ujar komisioner Bawaslu DKI Puadi ketika ditemui di kantor Bawaslu RI, Jalan Thamrin, Jakarta Pusat, Selasa (7/5/2019).



Sopir itu, jelas Puadi, mengambil pesanan di daerah Jalan HOS Cokroaminoto, namun belum dijelaskan pasti ke mana tujuannya. Dari hasil pemeriksaan, Puadi juga mengatakan, kontak pemesan sudah tidak aktif ketika ditelusuri.

"Ya itu sesuai pesanan di Jalan HOS Cokroaminoto, yang pesanannya itu ada di teleponnya. Itu kan ada di aplikasi, pada saat kita hubungi, nomornya sudah mati. Itu yang masih kita dalami," katanya.

Pihaknya saat ini masih melakukan investigasi terkait ada atau tidaknya dugaan pelanggaran dari form C1 tersebut. Puadi mengatakan masih mengumpulkan bukti sehingga nantinya dapat diregistrasi menjadi temuan.



"Kita tidak menyimpulkan C1 asli atau palsu. Yang kita cari tahu apakah ini ada dugaan pelanggaran atau tidak, itu pun masih dalam penelusuran. Untuk memastikan sopir ini sebenarnya bagaimana kronologinya, kemudian kita investigasi, kepolisian kita mintai keterangan yang merazia. Terus nanti dilakukan kajian pasal-pasal, ada-nggak dugaan pelanggaran terkait peristiwa ini," ucapnya.

"Oh, kalau ternyata cukup kuat dengan pengumpulan bukti-bukti dalam penelusuran, selama tujuh hari itu ya sudah, internal Bawaslu pleno, kemudian diregistrasi untuk dijadikan temuan," lanjut Puadi.

Sebelumnya, penemuan ribuan formulir C1 ini berawal dari operasi lalu lintas yang dilakukan Polres Jakpus pada Sabtu (4/5). Sebuah mobil disetop di Jl Besuki, Menteng, kemudian ditemukan dua kardus di bagasinya.



Kardus itu ternyata berisi ribuan formulir C1. Kardus pertama berisi 2.006 formulir C1, sementara kardus kedua berisi 1.761 formulir C1. Ribuan formulir C1 itu berasal dari sejumlah kabupaten di Jawa Tengah.
(eva/idn)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed