DetikNews
Jumat 03 Mei 2019, 20:11 WIB

Bukan Anggota TNI Lagi, Penculik Cabul di Kendari Diserahkan ke Polisi

Sitti Harlina - detikNews
Bukan Anggota TNI Lagi, Penculik Cabul di Kendari Diserahkan ke Polisi Adrianus, pelaku penculikan dan pencabulan di Kendari. (Foto: Sitti Harlina/detikcom)
Kendari - Adrianus Pattian, pelaku penculikan dan pencabulan kepada 6 orang anak di Kota Kendari saat ini ditahan di Rumah Tahanan Mapolda Sultra, Jumat (3/5/2019). Sebelumnya, Adrianus sempat dibawa ke Makassar.

Adrianus diterbangkan ke Makassar pada 1 Mei untuk dihadirkan di Pengadilan Militer Makassar. Namun Jumat petang hari ini, Adrianus kembali dibawa di Kota Kendari.



Dengan menggunakan mobil Innova hitam lengkap dengan penutup kepala, Adrianus tiba di Mapolda Sultra dengan pengawalan ketat. Pangdam XIV Hasanuddin, Mayor Jenderal Surawahadi, menyerahkan berkas dan pelaku kepada pihak kepolisian untuk segera diproses sebagai masyarakat sipil.

"Pelaku saat ini sudah resmi bukan lagi anggota TNI, sehingga kita serahkan kepada pihak kepolisian untuk dilakukan penyelidikan atas perbuatannya," terangnya.

Lanjutnya, saat berada di Makassar, Adrianus menjalani sidang etik pemecatan dari keanggotaannya sebagai TNI.

Adrianus telah mendapatkan sanksi berupa pemecatan dan hukuman selama satu tahun penjara. Hukuman tersebut didapatkan sebagai ganjaran saat masih menjadi anggota TNI karena melarikan diri dari batalyon (disersi). Hukuman satu tahun penjara tersebut akan dijalani Adrianus di Lapas Kendari, namun hukuman tersebut masih akan bertambah setelah diproses lagi pihak kepolisian dengan status sipil.
(idn/idh)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed