BPBD Update Banjir Jakarta: 2 Orang Meninggal, 529 Jiwa Mengungsi

BPBD Update Banjir Jakarta: 2 Orang Meninggal, 529 Jiwa Mengungsi

Tsarina Maharani - detikNews
Minggu, 28 Apr 2019 03:15 WIB
Foto: Banjir di Jakarta (Zakia Liland/detikcom)
Foto: Banjir di Jakarta (Zakia Liland/detikcom)
Jakarta - BPBD DKI Jakarta memperbarui data tentang korban banjir. Disebutkan, hingga saat ini tercatat jumlah pengungsi 529 jiwa dan korban meninggal 2 orang.

Informasi itu disampaikan BPBD DKI lewat akun Twitter @BPBDJakarta, Minggu (28/4/2019). Dalam catatannya, BPBD DKI menyebut wilayah terdampak banjir berada di Jakarta Barat, Jakarta Selatan, dan Jakarta Timur.


"Warga yang masih mengungsi hingga saat ini terdiri dari 86 KK dan 529 Jiwa. Lokasi pengungsi berada berada di 6 titik lokasi: 3 titik di wilayah Jakarta Timur, 2 titik di wilayah Jakarta Selatan, dan 1 titik di wilayah Jakarta Barat," demikian keterangan BPBD DKI.

Jumlah pengungsi ini menurun setelah sebelumnya dilaporkan 2.258 jiwa mengungsi di 12 titik. Sementara itu, tidak ada catatan penambahan korban meninggal.

"Banjir menyebabkan 2 korban jiwa yaitu 1 korban jiwa meninggal akibat kecelakaan terseret arus kali Ciliwung di Kel.Kebon Baru Jakarta Selatan dan 1 korban jiwa meninggal akibat serangan jantung di Kel. Bidara Cina Jakarta Timur," terang mereka.


BPBD DKI menyebut telah dilakukan berbagai upaya penanganan banjir. Di antaranya dengan menyediakan ratusan unit pompa dan mengangkut sampah-sampah di lokasi banjir.

"Dinas SDA melalui Satgas SDA Kecamatan melakukan penanganan banjir di lokasi dengan penyedotan menggunakan pompa serta pembersihan tali-tali air dibantu PPSU Kelurahan dan pengangkutan sampah-sampah akibat banjir dilakukan oleh Dinas Lingkungan Hidup," kata BPBD DKI.

(tsa/ibh)