DetikNews
Kamis 25 April 2019, 10:19 WIB

Kontak Senjata dengan Polisi, Pimpinan KKB di Aceh Tewas

Agus Setyadi - detikNews
Kontak Senjata dengan Polisi, Pimpinan KKB di Aceh Tewas Senjata dan sejumlah barang yang diamankan dari penyergapan KKB di Aceh. (Foto: Dok. Polda Aceh)
Banda Aceh - Pimpinan kelompok kriminal bersenjata (KKB) di Aceh Timur, Aceh, Nasir Agung, tewas. Nasir tewas setelah kelompoknya kontak senjata dengan polisi.

"Nasir Agung tewas karena mengalami luka tembak di dada kiri. Dia tewas dalam perjalanan ke rumah sakit," kata Direktur Reserse Kriminal Umum (Dir Reskrimum) Polda Aceh Kombes Agus Sarjito kepada wartawan, Kamis (25/4/2019).


Kontak senjata antara polisi dan Nasir dan kelompoknya berawal dari kegiatan penyergapan pada Rabu (24/4). Polisi awalnya mendapat informasi keberadaan KKB di sebuah rumah warga di Dusun Seuneubok Teungoh, Desa Kruet Lintang, Kecamatan Peureulak Timur, Kabupaten Aceh Timur.

Polisi dari jajaran Polres Aceh Timur dan Polda Aceh kemudian bergerak ke rumah yang diketahui milik petani berinisial J (32). Ketika polisi hendak melakukan penggerebekan, anggota kelompok bersenjata berjumlah tiga orang melakukan perlawanan dengan melepas tembakan.

"Satu orang anggota KKB berinisial MAH (34) asal Aceh Timur kita tangkap di lokasi. Sedangkan satu orang berinisial S alias Apuy berhasil melarikan diri," jelas Agus.


Dalam penangkapan itu, polisi juga menyita tiga pucuk senjata api jenis AK dan 400 butir amunisi. Berikut ini barang bukti yang disita:

- 3 pucuk senjata api laras panjang (2 pucuk jenis AK 56 dan 1 pucuk AK 47)
- 3 buah magasin AK
- amunisi AK lebih-kurang 400 butir
- 5 buah selongsong AK
- 3 buah borgol
- 2 unit handphone
- 3 buah tas pinggang
- 1 buah tasbih
- 2 lembar surat aturan tentara mujahidin.
(agse/zak)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed