DetikNews
Senin 22 April 2019, 13:40 WIB

Mendagri Pertanyakan Bupati Madina yang Ingin Mundur karena Pilpres

Ray Jordan - detikNews
Mendagri Pertanyakan Bupati Madina yang Ingin Mundur karena Pilpres Mendagri Tjahjo Kumolo (Foto: Ari Saputra/detikcom)
Jakarta - Mendagri Tjahjo Kumolo sudah membaca surat dari Bupati Mandailing Natal (Madina) Dahlan Hasan Nasution yang ingin mundur karena capres petahana Jokowi kalah di wilayahnya saat Pilpres 2019. Tjahjo mempertanyakan alasan Dahlan ingin mundur.

"Karena politis saja. Padahal dia didukung oleh 3 partai untuk menjadi kepala daerah, kan membutuhkan proses yang panjang. Ada amanah dari masyarakat, masa hanya karena itu?" kata Tjahjo di Kompleks Istana Kepresidenan, Jakarta Pusat, Senin (22/4/2019).


Terkait hal tersebut, Tjahjo meminta Dahlan mengajukan permohonan pengunduran diri ke DPRD Madina. Tjahjo mengatakan, keinginan mundur Dahlan tidak lazim. Dia pun berencana berkoordinasi dan memanggil pihak pemerintah daerah di Sumatera Utara terkait hal ini.

"Kami terus sekarang sudah melakukan koordinasi dengan Pemda Sumut dan nanti akan kami panggil. Karena ini sebuah proses yang tidak lazim. Dia seorang bupati yang cukup berhasil di daerahnya, kenapa hanya masalah politis pertimbangannya dia mundur?" ujar Tjahjo.


Tjahjo menjelaskan, pemanggilan itu bukan untuk menyarankan agar Bupati Madina itu tidak jadi mundur, melainkan untuk mendengarkan lebih dulu penjelasan dari Dahlan tersebut.

"Nanti akan kami undang dulu dengan gubernur. Kira-kira untuk memberi saran yang terbaik," sebutnya.


Surat pengunduran Bupati yang beredar di media sosial tersebut tertanggal 18 April 2019 dan bernomor 019.6/1214/TUMPIM/2019. Surat tersebut langsung ditujukan kepada Presiden RI Joko Widodo d.p Menteri Dalam Negeri.

Dalam surat itu, dijelaskan bahwa dalam kurun waktu tiga tahun terakhir pembangunan di Madina cukup signifikan, seperti pembangunan Pelabuhan Palimbungan, rumah sakit, lanjutan pembangunan jalan Pantai Barat, dan rencana pembangunan Bandar Udara Bukit Malintang.
(jor/dkp)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed