detikNews
Jumat 19 April 2019, 14:42 WIB

Anak Perempuan di Makassar Dipaksa Jadi Pengemis oleh Ibu Tirinya

Ibnu Munsir - detikNews
Anak Perempuan di Makassar Dipaksa Jadi Pengemis oleh Ibu Tirinya Foto: Ilustrasi (andi/detikcom)
Makassar - Bocah 12 tahun di Makassar, Sulsel harus rela hidup di jalan karena dipaksa ibu tirinya jadi pengemis. Bocah ini tak bisa melawan perintah sang ibu tiri.

Hal ini terungkap setelah tim dari Pusat Pelayanan Terpadu Perlindungan Perempuan dan Anak (P2TP2A) Makassar mendapati Mutia menangis di Jalan Pettarani. Mutia dipaksa menjadi pengemis di jalan oleh ibu tirinya.

"Iya dipaksa ibuku, mengemis di jalan supaya dapat uang," kata Mutia, ditemui di Kantor P2TP2A Makassar, Jalan Angrek, Jumat (19/4/2019).



Semantara Ketua P2TP2A Makassar, Tenri A. Palallo mengatakan kasus ini telah ditangani P2TP2A Makassar. Mutia dipaksa mengemis oleh ibu tirinya dengan memberinya pakaian kotor agar warga kasihan dan memberinya uang.

"Katanya anak ini disuruh mengemis di jalan, nanti ibu tirinya datang menjemput, sementara anaknya ditemukan terus menangis karena menolak," jelasnya Tenri.



Kini P2TP2A Makassar masih menelusuri keberadaan ibu tirinya yang tega menyuruhnya menjadi pengemis. Sementara sang ayah kandung masih mendekam di tahanan karena terlibat pencurian.

"Kita telusuri ibu tiri keberadaannya dimana, karena ini anaknya agak tertutup," paparnya.

Hingga kini, Mutia masih berada di rumah aman P2TP2A Makassar untuk proses lebih lanjut.


Simak Juga 'Pura-pura Lumpuh, Pengemis di Makassar Bisa Raup Rp 500 Ribu/Hari':

[Gambas:Video 20detik]


(rvk/rvk)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com