DetikNews
Rabu 17 April 2019, 21:16 WIB

Diminta Pencoblosan Ulang, KPPS Tetap Hitung Suara TPS 68 Kalcit

Yulida Medistiara - detikNews
Diminta Pencoblosan Ulang, KPPS Tetap Hitung Suara TPS 68 Kalcit Foto: Penghitungan suara di Apartemen Kalibata City (Yulida-detikcom)
Jakarta - Bawaslu Jakarta Selatan merekomendasikan pemungutan suara ulang (PSU) di TPS 68 Apartemen Kalibata City (Kalcit), karena ada seorang warga yang mengaku menggunakan hak pilihnya di TPS itu dengan memakai KTP daerah. Meski sudah direkomendasikan Bawaslu, KPPS TPS 68 tetap melaksanakan perhitungan surat suara.

Alasannya, Komisioner KPU Divisi Perhitungan Surat Suara kota Jaksel, Dody Wijaya menyebut ketentuan PSU diatur pada UU 7/2017 dan PKPU yang mengatur keputusan PSU diusulkan oleh Kelompok Penyelenggara Pemungutan Suara (KPPS).

Kemudian setelah diusulkan KPPS pada PPK, hingga KPU kota, nantinya KPU kota Jaksel akan mengambil keputusan PSU paling lama 10 hari setelah pemungutan suara dilakukan.



"Di TPS itu menjadi domain di KPPS, pengawas TPS, dan saksi. Karena itu, informasi adanya pemilih yang menggunakan hak pilihnya tak sesuai ketentuan itu sifatnya dugaan, dan itu diputuskan oleh KPPS bersama dengan pengawas TPS," kata Dody, di TPS 68, Apartemen Kalibata City, Jakarta Selatan, Rabu (17/4/2019).

Dody menyebut berdasarkan rapat yang digelar, KPPS tetap melanjutkan perhitungan suara agar mengetahui lebih jelas bagaimana kejadian sesungguhnya. Adapun bila ada keberatan akan dituangkan dalam formulir C2.

[Gambas:Video 20detik]


Sementara itu, Dody mengatakan rekomendasi dari Bawaslu kota Jakarta Selatan sifatnya memberi masukan. Menurutnya hingga malam ini belum ada rekomendasi secara tertulis yang diberikan pada KPU kota Jaksel.



"Jadi kalau rekomendasi itu biasanya bentuknya tertulis. Jadi gak verbal. Kami sudah berkomunikasi dengan Ketua Bawaslu kota Jaksel beliau menyatakan untuk di KPPS atau di TPS itu domainnya KPPS dan pengawas TPS. KPU Kota kami, teman-teman PPK, dan Panwascam, itu hanya monitor membantu hal hal yang kita halnya bisa kami bantu dari luar," ujar Dody.

Dody mengatakan perhitungan surat suara itu telah dilakukan sejak pukul 19.00 WIB. Hasil perhitungan surat suara di TPS 68 Capres pertahana Jokowi-Ma'ruf Amin.

Berikut ini hasil perhitungan suara di TPS 68, Apartemen Kalibata City:

Paslon 01 Jokowi-Ma'ruf Amin: 133
Paslon 02 Prabowo Subianto- Sandiaga Uno: 122


Simak Juga Hasil Penghitungan Suara di TPS Capres-Cawapres:

[Gambas:Video 20detik]


(yld/rvk)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed