DetikNews
Selasa 16 April 2019, 21:40 WIB

KIP Lhokseumawe Musnahkan 7.428 Lembar Surat Suara Rusak

Datuk Haris Molana - detikNews
KIP Lhokseumawe Musnahkan 7.428 Lembar Surat Suara Rusak KIP Lhokseumawe menghancurkan surat suara rusak sebanyak 7.428 lembar. (Datuk Haris Molana/detikcom)
Lhokseumawe - Komisi Independen Pemilihan (KIP atau KPU) Lhokseumawe memusnahkan 7.428 lembar surat suara rusak. Hasil pendataan, kerusakan terbanyak terdapat pada kertas suara DPR kota sebanyak 2.612 lembar.

Pantauan detikcom, pemusnahan dilakukan dengan cara membakar surat suara rusak di kantor KIP setempat yang beralamat di Kecamatan Muara Dua, Kota Lhokseumawe. Turut hadir dalam pemusnahan tersebut Wakapolres Lhokseumawe, Panwaslih Lhokseumawe, dan sejumlah unsur Muspika kota setempat.


"Ada sebanyak 7.428 lembar surat suara rusak atau tidak terpakai kita musnahkan sore ini. Hal ini kita lakukan karena tidak dapat dipakai lagi. Termasuk untuk menghindari terjadinya hal-hal yang bisa mencederai demokrasi yang akan digelar serentak besok," kata Ketua KIP/KPU Lhokseumawe, Mohd Tasar, kepada detikcom, Selasa (16/4/2019) sore.

Jumlah surat suara yang dihancurkan ini menurun dari jumlah temuan sebelumnya, yakni 10.403 lembar. Ternyata jumlah ini berdasarkan hasil penyisiran ulang yang dilakukan KIP Lhokseumawe.


"Ada surat edaran kembali dari KPU RI untuk kita meninjau kembali surat suara yang kita nyatakan rusak sebelumnya, makanya berkurang kembali surat suara yang kita nyatakan rusak sebelumnya," kata Tasar.

Tasar menyebutkan jenis kerusakan dari keseluruhan surat suara tersebut beragam. Ada yang gambarnya tidak jelas, kertas sobek, dan ada bercak tinta sehingga membingungkan pemilih.

Untuk itu, sesuai surat edaran 667. Dalam surat edaran tersebut, surat suara lebih dan rusak harus dimusnahkan sebelum proses pemungutan suara.


Berikut surat suara yang tidak terpakai atau rusak di KIP Lhokseumawe:

1. Surat suara calon presiden: 227
2. DPD RI: 1.049
3. DPR RI Aceh 2: 1.993
4. DPRA Dapil 5: 1.547
5. DPRK Dapil 1: 2.112
6. DPRK Dapil 2: -
7. DPRK Dapil 3: 447
7. DPRK Dapil 4: 53

Total keseluruhan surat suara rusak: 7.428 lembar


(jbr/jbr)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed