DetikNews
Selasa 09 April 2019, 13:51 WIB

TKN: Kami Tak Pernah Imbau BUMN Ikuti Konser Putih Jokowi-Ma'ruf Amin

Marlinda Oktavia Erwanti - detikNews
TKN: Kami Tak Pernah Imbau BUMN Ikuti Konser Putih Jokowi-Maruf Amin Juru bicara TKN Jokowi-Ma'ruf, Meutya Hafid. (Foto: Tsarina/detikcom)
Jakarta - Tim Kampanye Nasional (TKN) Jokowi-Ma'ruf Amin membantah isu mobilisasi pegawai BUMN untuk menghadiri kampanye sang paslon pada 13 April mendatang. TKN menegaskan isu tersebut tidak benar.

"TKN sendiri tidak pernah memberikan imbauan atau ajakan kepada BUMN atau institusi pemerintah untuk mengikuti acara konser putih yang akan menampilkan musisi-musisi Tanah Air," ujar juru bicara TKN Jokowi-Ma'ruf, Meutya Hafid, dalam keterangan tertulis, Selasa (9/4/2019).


Meutya menjelaskan, perayaan HUT BUMN merupakan acara yang terpisah dari kampanye Jokowi-Ma'ruf. Dia juga mendapat informasi bahwa acara tersebut kemudian ditunda lantaran bertepatan dengan kampanye akbar Jokowi-Ma'ruf di GBK, Jakarta.

"Padahal, yang sebenarnya, pada tanggal tersebut, Kementerian BUMN dan BUMN Bersama akan menggelar peringatan puncak HUT mereka di Monumen Nasional. Acara peringatan tersebut sudah dirancang jauh hari untuk merayakan HUT beberapa BUMN yang berulang tahun sepanjang Maret hingga Mei 2019. Saya mendapat keterangan tersebut dari sekretaris Kementerian BUMN, Imam Apriyanto," katanya.

Politikus Golkar itu pun menyayangkan pihak-pihak yang menyebarkan hoax soal mobilisasi karyawan BUMN dalam kampanye Jokowi-Ma'ruf. Meutya meminta semua pihak mewaspadai hoax-hoax menjelang Pilpres 2019.

"Kewaspadaan atas berita hoax dan fitnah harus terus ditingkatkan jelang pemilihan presiden dan legislatif 17 April mendatang. Banyak pihak yang tidak bertanggung jawab akan memanfaatkan, bahkan memutarbalikkan fakta, sehingga hal yang tidak benar diungkap ke publik dengan tujuan memunculkan persepsi yang buruk terhadap lembaga atau institusi tersebut," tutur Meutya.

"Bagaimana tidak, acara ulang tahun sebuah institusi negara bisa diputarbalikkan dan dibilang akan dimobilisasi untuk kampanye," lanjutnya.


Meutya juga mengatakan kampanye Akbar Jokowi di GBK sama sekali tak melibatkan institusi negara. Acara tersebut murni hasil kerja relawan, simpatisan, dan koalisi pendukung Jokowi-Ma'ruf.

"Konser putih yang akan digelar di Stadion Gelora Bung Karno merupakan hasil kerja relawan yang tergabung di gerakan #barengjokowi, koalisi partai pendukung, dan pendukung, serta simpatisan Jokowi-Ma'ruf Amin. Acara itu digelar oleh rakyat dan untuk rakyat yang cinta Jokowi-Ma'ruf Amin," tegas Meutya.

Sebelumnya, Ketua DPP Partai Gerindra Habiburokhman mengaku mendapat informasi adanya kaitan puncak peringatan HUT BUMN dengan kampanye akbar capres nomor urut 01 Joko Widodo-Ma'ruf Amin. Dia mendapat informasi bahwa HUT BUMN itu jadi ajang mobilisasi massa untuk kampanye Jokowi.

"Ya kami mendapat informasi bahwa puncak peringatan HUT Kementerian BUMN dan BUMN di Jakarta 13 April besok, yang artinya tanggal yang sama dengan kampanye 01 dengan mendatangkan 150.000 massa," kata Habiburokhman dalam keterangannya, Selasa (9/4).

"Ini potensi besar abuse of power berupa mobilisasi karyawan dan keluarga karyawan untuk menghadiri kampanye 01," sebut dia.

Deputi Bidang Pertambangan, Industri Strategis, dan Media Kementerian BUMN Fajar Harry Sampurno menepis keterlibatan pegawai dalam kampanye. Dia mengatakan kegiatan yang digelar ialah acara rutin untuk merayakan ulang tahun Kementerian BUMN.

Dia menerangkan, pada periode 2016-2018, perayaan digelar sebulan sebelum dan sesudah 13 April. Namun, karena bertepatan dengan kampanye, puncak acara ditunda.

"Sama sekali tidak ada hubungannya dengan kampanye," katanya kepada detikFinance.


Tak Gandeng Parpol, Aliansi #BarengJokowi Gelar ''Konser Putih Bersatu'':

[Gambas:Video 20detik]

TKN: Kami Tak Pernah Imbau BUMN Ikuti Konser Putih Jokowi-Ma'ruf Amin

(mae/idh)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed