KPU: Seluruh Server KPU Ada di Dalam Negeri

Dwi Andayani - detikNews
Kamis, 04 Apr 2019 14:33 WIB
Kantor KPU (Foto: Andhika Prasetia/detikcom)
Jakarta - KPU membantah isi video viral yang menuduh server di Singapura diatur untuk memenangkan Jokowi-Ma'ruf Amin 57%. KPU mengatakan semua server-nya berada di dalam negeri.

"Soal server luar negeri dibobol sebetulnya server KPU seluruhnya ada di dalam negeri, tidak ada yang di luar negeri," ujar komisioner KPU Hasyim Asyari di kantor KPU, Jl Imam Bonjol, Jakarta Pusat, Kamis (4/4/2019).


Hasyim mengatakan server KPU berada di dalam negeri agar dapat dijaga. Dia kembali menegaskan bahwa video yang beredar berisi informasi yang tidak benar.

"Karena kalau di dalam negeri kan dijaga bersama-sama, intinya tidak ada yang di luar negeri sehingga kalau disampaikan ada server KPU di luar negeri yang dibobol itu tidak benar," kata Hasyim.

"Kemudian disampaikan seolah-olah sistem KPU sudah di-setting memenangi calon presiden tertentu, sudah di-setting dengan jumlah persentase itu tidak benar," sambungnya.


Sebelumnya diberitakan, video yang viral itu memperlihatkan seorang pria berbicara di sebuah pertemuan. Pria itu bicara banyak hal, salah satunya soal KPU. Tidak diketahui siapa pria di video tersebut dan pertemuan apa yang sedang berlangsung. Tidak ada pula keterangan soal kapan video itu diambil.

"Di KPU, saya bulan Januari ke Singapore karena ada kebocoran data. Ini tak buka saja. 01 sudah membuat angka 57%," kata pria tersebut.


Survei Indikator: 15% Masyarakat Percaya Isu KPU Tidak Netral

[Gambas:Video 20detik]


KPU: Seluruh Server KPU Ada di Dalam Negeri
(dwia/imk)