3 Ekor Sapi di Polewali Mandar Mati Diserang Anjing Piaraan Warga

Abdy Febriady - detikNews
Minggu, 31 Mar 2019 11:06 WIB
Foto: Sapi warga Polewali Mandar mati diserang anjing piaraan (Abdy Febriady/detikcom)
Jakarta - Tiga ekor anak sapi di Polewali Mandar, Sulawesi Barat, mati karena diserang anjing piaraan. Peristiwa anjing piaraan menyerang sapi ini sudah terjadi beberapa hari lalu.

Sapi yang mati milik Saoda alias mama Kidul (70) dan Asia alias mama Sudirman (55). Sapi tersebut ditemukan mati di areal persawahan.

Serangan anjing terhadap ternak warga pertama kali terjadi pada Jumat (29/03/19). Kemudian kejadian serupa kembali terjadi pada Sabtu (30/3).

"Betul pak, kemarin saya sempat lihat anak sapi mama Kidul digigit anjing Pak Jasman. Saya sempat mau mengusir anjing-anjing tersebut, tapi takut jangan sampai saya yang diserang " ujar seorang saksi, Yusuf saat memberikan keterangan pada polisi.




Pemilik tiga anak sapi pun meradang. Dia meminta pemilik anjing, Jasman (45) meminta mengganti kerugian.

"Pokoknya kami menuntut ganti rugi. Kami tidak mau tahu, Pak Jasman harus bertanggung jawab," tegas Saoda saat mediasi dengan pemilik anjing di kantor Desa Puccadi.

Jasman sendiri siap bertanggung jawab. Namun dia meminta keringanan dari pemilik sapi lantaran tak memiliki biaya yang cukup untuk mengganti sapi-sapi yang mati.

"Saya berharap bisa diberi sedikit keringanan. Agar kejadian ini tidak terulang kembali saya bersedia semua anjing piaraan saya untuk dimusnahkan," jelasnya.




Pihak aparat hingga kini juga masih menyelidiki pemicu anjing piaraan Jasman menyerang sapi Saoda. Sebab Jasman mengaku selama ini anjingnya jinak dan terikat.

"Ini yang masih kita selidiki. Dari keterangan sang pemilik keempat anjing miliknya tidak kelaparan, cuma memang diakui anjing tersebut selama ini dalam kondisi terikat dan entah kenapa bisa terlepas," ujar Bhabinkamtibmas Desa Puccadi Aipda Zhulkipli.

Pasca kejadian, seekor anjing telah dimusnahkan. Sementara 3 ekor lainnya masih dalam pengejaran. Warga dihimbau untuk waspada guna menghindari terjadinya hal tidak diinginkan. (zak/zak)