DetikNews
Jumat 22 Maret 2019, 16:06 WIB

KPU Imbau Pemilih Luar Negeri Tak Upload Surat Suara ke Medsos

Zunita Putri - detikNews
KPU Imbau Pemilih Luar Negeri Tak Upload Surat Suara ke Medsos Ilustrasi surat suara (Foto: Pradita Utama)
Jakarta - Komisi Pemilihan Umum (KPU) mengimbau agar WNI di Luar Negeri tidak meng-upload surat suara saat pemilihan nanti. Sebab, agar foto yang diupload itu tidak menimbulkan potensi politik uang.

"Saya mengimbau kepada pemilih di Luar Negeri, nggak perlu lah di-upload lah ke media sosial, karena apa? Karena nanti bisa saja kemudian Ada potensi money politic. Misalnya ada potensi mempengaruhi pilihan orang lain," ujar Komisioner KPU, Ilham Saputra di Gedung KPU, Jalan Imam Bonjol, Jakarta Pusat, Jumat (21/2/2019).

"Jangan gara-gara diupload, itu jadi merusak proses pemilu kita," tegasnya.



Ilham menjelaskan surat suara untuk WNI di luar negeri sudah dikirim sejak 8 Maret 2019 lalu. Sebagian WNI juga disebut telah menerima surat suara itu.

"Ada sebagian dikirim via pos, ada beberapa negara yang punya pos, ada yang tidak. Selain itu, model pemungutan kita bisa ke TPS luar negeri langsung, ada yang via pos, ada yang kotak suara keliling, via pos memang sudah dimulai memang, tapi saya minta kepada pemilih di luar negeri yang melalui pos, nggak perlu lah mengupload, langsung dikirim sajaa ke PPLN setempat," kata Ilham.



Walaupun saat ini beberapa WNI di luar negeri surat suara sudah menerima surat suara, namun dia menegaskan penghitungan suara tetap akan dihitung serempak bersamaan dengan Pemilu di Indonesia.

"Iya nanti ngitungnya sama-sama sampai 17 April (hitungnya)," katanya.


Saksikan juga video 'Soal Kotak Suara Kardus, Sandi: Kita Ingin Pemilu Jujur':

[Gambas:Video 20detik]


(zap/rvk)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed