DetikNews
Selasa 19 Maret 2019, 19:57 WIB

KPU: Keputusan Tak Undang Menteri Disepakati Sebelum Debat Cawapres

Dwi Andayani - detikNews
KPU: Keputusan Tak Undang Menteri Disepakati Sebelum Debat Cawapres Pramono Ubaid (Foto: Dwi Andayani/detikcom)
Jakarta - KPU memutuskan tidak mengundang menteri dalam dua debat terakhir pemilu 2019. KPU mengatakan keputusan ini sudah diambil sebelum debat cawapres digelar.

"Sebenarnya itu sudah disepakati sejak sebelum debat ketiga," ujar komisioner KPU Pramono Ubaid Tanthowi di kantor KPU, Jl Imam Bonjol, Jakarta Pusat, Selasa (19/3/2019).



Pramono mengatakan keputusan tak mengundang menteri tidak bisa diterapkan dalam debat cawapres. Hal ini dikarenakan undangan kepada menteri sudah disebar.

"Tapi waktu persiapan debat ketiga itu kita kan udah terlanjur disebar, sehingga oke tentu tidak mungkin kalau kita menarik undangan yang sudah kita sampaikan ke menteri," kata Pramono.

Menurutnya, KPU akan mengundang perguruan tinggi hingga kelompok masyarakat yang berkaitan dengan tema debat dalam dua debat terakhir nanti. Dia menyebut keputusan ini telah disepakati sehingga diharapkan dapat diterima oleh semua pihak.

"Ya kalau untuk yang ke empat kemungkinan ditiadakan, jadi KPU untuk empat nanti akan lebih mengutamakan mengundang perguruan tinggi atau kelompok-kelompok masyarakat yang memang punya kaitan langsung dengan kepentingan antara debat berikutnya," ujar Pramono.

"Sejauh ini yang sudah disepakati, sehingga mudah-mudahan itu juga bisa diterima oleh semua tim," sambungnya.




(dwia/knv)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed