DetikNews
Selasa 19 Maret 2019, 16:01 WIB

Fahri Hamzah Ungkap Alasan Tawarkan Diri Jadi Saksi Ratna Sarumpaet

Jabbar Ramdhani - detikNews
Fahri Hamzah Ungkap Alasan Tawarkan Diri Jadi Saksi Ratna Sarumpaet Wakil Ketua DPR RI Fahri Hamzah (Foto: Lamhot Aritonang/detikcom)
FOKUS BERITA: Sidang Ratna Sarumpaet
Jakarta - Wakil Ketua DPR Fahri Hamzah membenarkan pernyataan Ratna Sarumpaet soal rencana menjadi saksi meringankan di sidang kasus hoax penganiayaan. Apa alasan Fahri?

"Ibu Ratna itu pada bulan Juli nanti akan berumur 71 tahun. Seorang ibu-ibu yang sudah berumur dan memiliki jejak yang sangat besar dalam sejarah pergerakan hak asasi manusia dan juga kesenian di Indonesia," kata Fahri kepada detikcom, Selasa (19/3/2019).


Menurutnya, Ratna merupakan pelaku seni yang karya dan tulisannya mempengaruhi aliran seni di Indonesia. Fahri juga membeberkan alasan-alasan lain sehingga bersedia menjadi saksi fakta.

"Terlalu tega kita hanya karena sebuah kebohongan yang sudah diakui, kita mengenakan kepadanya pasal-pasal yang seharusnya sudah tidak diberlakukan lagi. Diproduksi pada masa darurat, 1946, cukuplah. Apakah kita sebagai bangsa sudah tidak punya etika lagi dan rasa tega terhadap seorang anak manusia. Mungkin karena derajat, moral, dan etika kita sedang sangat jatuh sehingga kita nggak bisa punya akal budi terhadap orang yang sudah tua dan punya jasa banyak terhadap bangsa," tutur Fahri.


Selain itu, Fahri juga mengkonfirmasi akan menjadi penjamin penangguhan tahanan Ratna menjadi tahanan kota. Fahri ingi Ratna bisa tinggal bersama keluarga.

"Karena itulah saya mengajukan diri sebagai yang menjamin agar beliau beristirahat di rumahnya, bersama anak-cucunya, dan bukan di penjara dalam sel-sel yang mengungkung tubuh dan jiwanya," tambahnya.


Sebelumnya diberitakan, dalam sidang putusan sela, majelis hakim menolak eksepsi Ratna sehingga sidang akan berlanjut ke pemeriksaan pokok perkara. Selanjutnya persidangan akan digelar pada pekan depan dengan memerintahkan terdakwa dihadirkan dan pemeriksaan saksi.

Ratna Sarumpaet mengatakan Fahri Hamzah bersedia menjadi saksi yang meringankannya. Ratna mengatakan Fahri bersedia secara sukarela menjadi saksi fakta. Bahkan Fahri disebut sebagai pihak yang menawarkan diri. Ratna mengatakan akan ada akademisi dan ahli yang juga akan dihadirkan untuk menjadi saksi yang meringankan.


"Kalau yang saya denger sih Fahri Hamzah ya saksi fakta," kata Ratna di Pengadilan Negeri Jakarta Selatan, Jl Ampera Raya, Jakarta Selatan, Selasa (19/3/2019).


Saksikan juga video 'Ratna Sebut Fahri Hamzah Akan Jadi Saksi untuk Kasusnya':

[Gambas:Video 20detik]


(jbr/fjp)
FOKUS BERITA: Sidang Ratna Sarumpaet
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed