DetikNews
Rabu 13 Maret 2019, 08:48 WIB

Anies Minta Pemilihan Wagub Cepat, Golkar DKI: Ikut Mekanisme

Muhammad Fida Ul Haq - detikNews
Anies Minta Pemilihan Wagub Cepat, Golkar DKI: Ikut Mekanisme Foto: Istimewa
Jakarta - Fraksi Golkar DPRD DKI Jakarta mengatakan akan mengikuti mekanisme yang berlaku terkait pemilihan wakil gubernur (wagub). Golkar tak mempermasalahkan pemilihan digelar sebelum atau setelah Pilpres 2019.

"Kalau bisa sebelum pilpres ya bagus. Kalau nggak ya nggak terburu-buru. Kami lihat saja nanti, ikut mekanisme," kata Ketua Fraksi Golkar DPRD DKI Jakarta Ashraf Ali kepada detikcom, Selasa (12/3/2019) malam.


Ashraf akan mengikuti rapat pimpinan gabungan yang digelar hari ini untuk menentukan Wagub. Dia mengatakan yang paling penting adalah bisa menemukan wagub yang tepat bagi warga DKI Jakarta.

"Ya kami berharap wakilnya orang tepat, bisa menyelesaikan masalah," jelasnya.

Meski demikian, Ashraf mengimbau anggota DPRD DKI Jakarta lainnya agar aktif memilih wagub. Dia menilai kesibukan dalam pilpres dan pileg tidak bisa menjadi alasan.

"Kalau bicara sibuk, sangat sibuk semua. Tapi nanti kita lihat urgensinya gimana kita ingin tahu. Nanti kita musyawarah di Fraksi Golkar," jelasnya.


Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan telah menyerahkan dua nama, yaitu Ahmad Syaikhu dan Agung Yulianto. Anies meminta proses pemilihan dilakukan secepatnya. Anies menyebut pemilu pada 17 April 2019 tidak ada hubungannya dengan pemilihan cawagub. Maka pemilu seharusnya tidak mengganggu proses pemilihan di DPRD DKI Jakarta.

"Bukan sebelum dan sesudah (pemilu). Pilpres kan nggak ada urusannya sama ini. Pilpres, pileg itu peristiwa yang dialami oleh seluruh rakyat. Yang di sini adalah untuk Jakarta, lebih baik prosesnya lebih cepat, sehingga kita pun punya kepastian dari semua proses ini," kata Anies di Balai Kota, Jalan Medan Merdeka Selatan, Jakarta Pusat, Selasa (12/3).



Saksikan juga video 'Bola Panas Wagub DKI di DPRD':

[Gambas:Video 20detik]


(fdu/aan)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed