Kembali Terpilih, Ini Hakim Konstitusi Aswanto dan Wahiddudin

Andi Saputra - detikNews
Selasa, 12 Mar 2019 18:15 WIB
Aswanto (Ari/detikcom)
Jakarta - DPR kembali memilih Aswanto dan Wahiddudin Adams menjadi hakim konstitusi periode kedua. Selain kedua nama itu, satu hakim konstitusi dari unsur DPR lainnya adalah Arief Hidayat.

"Memutuskan yang terpilih sebagai hakim konstitusi 2019 yang akan datang sampai lima tahun yang akan datang, pertama, Profesor Doktor Aswanto, kedua, Doktor Wahiduddin Adams," kata Wakil Ketua Komisi III F-PDIP Trimedya Pandjaitan di gedung DPR, Senayan, Jakarta, Selasa (12/3/2019).

Aswanto sehari-hari adalah guru besar ilmu pidana Universitas Hasanuddin, Makassar.

Selepas meraih gelar sarjana hukum pidana di Universitas Hasanuddin, ia melanjutkan program Pascasarjana Ilmu Ketahanan Nasional Universitas Gadjah Mada (UGM), Yogyakarta. Gelar doktor diraihnya di Fakultas Ilmu Hukum Universitas Airlangga, Surabaya. Namun disertasi yang ditulisnya berkaitan dengan hak asasi manusia.

Pria kelahiran 17 Juli 1964 ini mulai menjadi hakim konstitusi setelah Akil Mochtar terkena OTT KPK pada 2013. Ia menjadi Wakil Ketua MK dalam musyawarah hakim sejak 2 April 2018.


Adapun Wahiddudin merupakan eks birokrat. Ia besar sebagai PNS di BPHN Kemenkum HAM (dulu Departemen Kehakiman) pada 1981. Jabatan tertinggi yang diemban adalah Dirjen Peraturan Perundangan.

Kembali Terpilih, Ini Hakim Konstitusi Aswanto dan Wahiddudin

Selepas pensiun, ia mengikuti seleksi hakim konstitusi dan lolos pada 2014. Selain sebagai birokrat, ia kerap mengajar di berbagi kampus. (asp/idh)