DetikNews
Senin 11 Maret 2019, 14:23 WIB

Ma'ruf Amin Banggakan Bebasnya Siti Aisyah Keberhasilan Lobi Pemerintah

Lisye Sri Rahayu - detikNews
Maruf Amin Banggakan Bebasnya Siti Aisyah Keberhasilan Lobi Pemerintah Cawapres nomor urut 01 KH Ma'ruf Amin (Foto: Lisye Sri Rahayu/detikcom)
FOKUS BERITA: Siti Aisyah Bebas!
Mandailing Natal - Calon wakil presiden (cawapres) nomor urut 01 KH Ma'ruf Amin menyebut bebasnya Siti Aisyah dalam kasus pembunuhan Kim Jong-Nam adalah berkat lobi pemerintah. Terlepas dari itu, kabar ini disebut Ma'ruf sebagai kabar yang menggembirakan bagi semuanya.

"Itu keberhasilan lobi pemerintah karena pemerintah akan selalu berusaha untuk melindungi TKI sepanjang bisa dilindungi," ucap Ma'ruf di sela kunjungannya di Mandailing Natal, Sumatera Utara, Senin (11/3/2019).




"Ini berita baru menggembirakan ketika tenaga kerja yang tadinya hampir... Isu bahwa dia melakukan pembunuhan. Ketika itu bisa dibebaskan. Itu surprised. Menurut saya itu keberhasilan diplomasi kita," imbuh Ma'ruf.

Aisyah sebelumnya dibebaskan setelah jaksa mencabut dakwaan pembunuhan terhadap Kim Jong-Nam. Pembebasan itu didasari oleh permintaan Menkum HAM kepada Jaksa Agung Malaysia sehingga memutuskan untuk menggunakan wewenangnya berdasarkan Pasal 254 Kitab Hukum Acara Pidana Malaysia, yaitu untuk tidak melanjutkan penuntutan terhadap kasus Siti Aisyah.

Dalam kasus ini, Aisyah didakwa bersama seorang asal Vietnam, Doan Thi Huong. Keduanya terancam hukuman mati atas dakwaan pembunuhan terhadap Kim Jong-Nam yang merupakan kakak tiri pemimpin Korea Utara (Korut) Kim Jong-Un.




Keduanya didakwa mengusapkan racun gas saraf VX yang mematikan ke wajah Kim Jong-Nam di Bandara Kuala Lumpur, Malaysia pada Februari 2017. Kedua terdakwa telah menyangkal dakwaan pembunuhan yang dijeratkan terhadap mereka.

Keduanya sama-sama meyakini bahwa mereka terlibat dalam sebuah acara prank (lelucon) dan ditipu oleh sejumlah agen intelijen Korut, dalang utama kasus ini yang telah kabur ke negaranya.

Persidangan kasus ini dimulai sejak Oktober 2017 dan berjalan lambat dengan sejumlah penundaan dalam beberapa bulan terakhir.


Tak Terbukti Terlibat Pembunuhan Kim Jong-nam, Siti Aisyah Bebas

Ikuti perkembangan terbaru Pemilu 2019 hanya di detikPemilu. Klik di sini




(dhn/dhn)
FOKUS BERITA: Siti Aisyah Bebas!
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed