detikNews
Kamis 28 Februari 2019, 07:58 WIB

Ratna Sarumpaet Siap Hadapi Sidang Perdana Kasus Hoax Penganiayaan

Kanavino Ahmad Rizqo - detikNews
Ratna Sarumpaet Siap Hadapi Sidang Perdana Kasus Hoax Penganiayaan Ratna Sarumpaet (Foto: Lamhot Aritonang)
Jakarta - Pengacara Ratna Sarumpaet, Insank Nasruddin, mengatakan kliennya siap menghadapi sidang perdana kasus hoax penganiayaan di Pengadilan Negeri (PN) Jakarta Selatan. Ratna disebut dalam kondisi sehat.

"Kami sudah bertemu dengan ibu Ratna kondisinya juga, kami menanyakan, beliau sehat dan siap menghadapi persidangan," kata Insank saat dihubungi, Kamis (28/2/2019).



Insank mengatakan segala persiapan sudah dilakukan tim pengacara dalam menghadapi sidang perdana tersebut. Dia juga sudah meminta pendapat ahli mengenai kasus yang menjerat ibu dari Atiqah Hasiholan tersebut.

"Kami sudah berkoordinasi juga kepada para ahli itu untuk dimintakan pendapatnya dalam sidang ini," ujarnya.



Agenda sidang perdana ini merupakan pembacaan dakwaan dari jaksa penuntut umum (JPU). Insank mengatakan akan mengkaji terlebih dahulu dakwaan dari jaksa sebelum mengajukan eksepsi atau nota keberatan.

"Besok juga sidang hanya sebatas pembacaaan dakwaan dari jaksa penuntut umum. Kemudian apakah dakwaan itu kita akan majukan eksepsi atau nota keberatan, tentu kami akan menelaah materi dakwaannya. Mana kala dakwaan tersebut terdapat kandungan secara hukum cacat formil atau materil, kami akan ajukan eksepsi," ujar dia.



JPU dalam perkara ini yaitu Kasipidum Kejari Jaksel Arya Wicaksana, Sarwoto, Donny M Sany, dan Las Maria Siregar.

Ratna Sarumpaet ditetapkan sebagai tersangka penyebaran berita bohong alias hoax untuk membuat keonaran. Ratna dijerat dengan UU Peraturan Hukum Pidana dan UU ITE.

Ratna menjadi tersangka setelah polisi menerima laporan soal hoax penganiayaan. Ratna Sarumpaet memang mengakui kebohongannya setelah polisi membeberkan fakta-fakta penelusuran isu penganiayaan.


Saksikan juga video 'Berkas Rampung, Kapan Sidang Ratna Sarumpaet Dimulai?':

[Gambas:Video 20detik]


(knv/fai)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com