Cegah Kebakaran Menyebar, Satgas Karhutla di Bengkalis Bikin Sekat

Chaidir Anwar Tanjung - detikNews
Rabu, 27 Feb 2019 15:58 WIB
Tim Satgas Karhutla berjibaku memadamkan api yang membakar lahan di Bengkalis (Foto: dok Satgas Karhutla)
Pekanbaru - Lahan yang terbakar di Kabupaten Bengkalis, Riau diketahui merupakan lahan gambut. Untuk mencegah api menyebar di bawah permukaan lahan tersebut, tim satuan tugas kebakaran hutan dan lahan (Satgas Karhutla) membuat sekat.

"(Sekat dibuat) fungsinya agar api di lahan gambut tidak merembet di bawah permukaan," ucap Kapolres Bengkalis Yusup Rahmanto kepada detikcom, Rabu (27/2/2019).

Sekat itu dibuat menggunakan alat berat yang dikerjakan tim Satgas yang terdiri dari jajaran Polres Bengkalis, Kodim Bengkalis, BPBD, Damkar, Manggala Agni, masyarakat dan perusahaan tengah memadamkan api. Yusup pun menyebut kondisi saat ini sudah lebih baik dari sebelumnya.




"Untuk kondisi sekarang semakin tertangani, asap semakin berkurang dan menipis," kata Yusup.

Yusup mengatakan api di lokasi kebakaran lahan itu sudah tidak tampak lagi. Namun, menurutnya, asap masih keluar dari lahan gambut.

"Makanya kita dengan alat berat membuat sekat bakar yaitu membuat parit pembatas area yang terbakar dan yang belum kemudian dijaga supaya api tidak menjalar di seberang sekat bakar," kata Yusup.

"Masing-masing bekerja sama dalam upaya pemadaman. Kami semua instansi terkait, dibantu warga dan perusahaan yang ada, terus berjibaku di lapangan," imbuh Yusup.


Saksikan juga video 'Bengkalis dan Dumai Diselimuti Asap Kebakaran Hutan':

[Gambas:Video 20detik]

(cha/dhn)