Putra SBY Pimpin PD: AHY Gerilya Lapangan, Ibas Atur Strategi

Gibran Maulana Ibrahim - detikNews
Senin, 25 Feb 2019 15:20 WIB
Foto: Instagram @ibasyudhoyono
Jakarta - Komandan Kogasma Partai Demokrat (PD) Agus Harimurti Yudhoyono atau AHY akan memimpin pemenangan pemilu partai berlambang mirip logo Mercy itu. Lalu, bagaimana dengan posisi Edhie Baskoro Yudhoyono (Ibas)?

Seperti diketahui, Ibas yang merupakan anak bungsu Ketum PD Susilo Bambang Yudhoyono (SBY) menjabat Ketua Komisi Pemenangan Pemilu DPP PD. Wakil Komandan Kogasma PD Herman Khaeron menjelaskan bagi-bagi tugas antara AHY dan Ibas.

"Ini tetap tupoksinya ya. Artinya gini, di DPP memang ada Komisi Pemenangan Pemilu. Mas Ibas Ketua Pemenangan Pemilu. Tetap perumusan strategi dan sebagainya Mas Ibas. Secara struktural Komisi Pemenangan Pemilu Daerah tetap juga dikendalikan Mas Ibas sebagai pemegang struktur di DPP," kata Herman menjelaskan beda peran AHY-Ibas, Senin (25/2/2019).


Untuk AHY, Herman menyebut putra sulung SBY itu bakal banyak bergerilya. AHY akan turun menyapa masyarakat dan para pendukung PD.

"Namun gerilya lapangan, ya Kogasma dibentuk adalah sebagai tim pemenangan. Saya kira ada regulasi secara institusi, kemudian ada pergerakan pasukan yang langsung terjun di lapangan yang saat ini dipimpin Mas Agus," jelas Herman Khaeron.


Wakil Ketua Komisi II DPR itu menegaskan tak akan ada tumpang tindih peran antara AHY dan Ibas di Pemilu 2019. Tugas AHY di Kogasma PD adalah mendukung dan menjalankan strategi yang telah dirancang Ibas sebagai Komisi Pemenangan Pemilu DPP PD.

"Tidak ada duplikasi, tidak ada redunden, ini pembagian tugas saja, positioning secara struktural dan positioning secara organisasi adhoc. Kalau Kogasma ini kan organisasi adhoc yang dibentuk oleh Ketum sebagai sarana membantu DPP untuk memenangkan pemilu," ucap Herman. (gbr/tor)