DetikNews
Sabtu 23 Februari 2019, 20:35 WIB

Cerita Sekjen PBB tentang Novel Bamukmin Tak Mau Rugi

Tim Detikcom - detikNews
Cerita Sekjen PBB tentang Novel Bamukmin Tak Mau Rugi Novel Bamukmin (Foto: Grandyos Zafna-detik)
Jakarta - Pegiat gerakan 212 dan politikus Partai Bulan Bintang (PBB) Novel Bamukmin pernah mengatakan akan mundur dari pencalegan dan partai karena PBB mendukung Joko Widodo (Jokowi) di Pilpres 2019. Belakangan diketahui, Novel tidak akan mundur karena tak mau rugi.

Sekjen PBB Afriansyah Ferry Noer mengatakan hingga kini Novel Bamukmin masih berstatus sebagai caleg. Kepada Ferry, Novel mengaku rugi jika mundur dari pencalegan PBB.

"Yang jelas sampai sekarang Novel masih tetap caleg PBB. Belum mengundurkan diri atau membuat surat pemunduran diri belum ada. Dan dia sendiri kemarin saya minta mundur dia bilang, 'Rugi, Bang, kalau saya mundur'," kata Ferry di Rumah Aspirasi, Jl Proklamasi, Menteng, Jakpus, Sabtu (23/2/2019).


Dia pun meminta Novel serius membesarkan PBB. Menurut Ferry, saat ini Novel sudah bisa menerima keputusan PBB yang mendukung Joko Widodo-Ma'ruf Amin di Pilpres 2019.

"Saya bilang, sudahlah ini sudah keputusan organisasi partai. Novel sebagai caleg, kader, dan anggota partai harus patuh. Ya, kan proses ini berjalan sampai sekarang, adalah proses penyadaran buat dia. Proses yang awalnya emosional sekarang bisa nerima," tuturnya.


Namun, bagaimana jika Novel menang dan terpilih sebagai caleg? Terkait hal ini, PBB menyebut tidak akan merekomendasikan Novel untuk dilantik.

"Ya, sanksinya begitu, tidak akan diakui dan tidak akan kita rekomendasi untuk dilantik," kata Ferry.

Novel sebelumnya sempat menyatakan akan mengundurkan diri dari pencalegan setelah PBB menyatakan dukungan untuk Joko Widodo-Ma'ruf Amin di Pilpres 2019. Namun dia sadar keputusan itu akan dikenai sanksi. Meski demikian, dia menegaskan akan mundur dari partainya.


"Maunya saya mundur jadi caleg, namun kan tidak bisa karena jelas ada sanksinya. Namun saya akan mundur dari partai karena jelas saya sudah dibohongi bertubi-tubi sama YIM," ujar Novel, Senin (28/1/2019).

Novel, yang terdaftar sebagai caleg PBB tingkat DPRD DKI Jakarta Dapil 8, mengaku tak mau lagi mengkampanyekan PBB. Dia akan memberikan sumbangsih ke partai-partai yang mengikuti hasil Ijtimak Ulama.

"Benar (tidak kampanyekan PBB lagi). Saya akan kampanyekan partai-partai yang mendukung 02," imbuh dia.


(jor/hri)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed