DetikNews
Selasa 19 Februari 2019, 17:20 WIB

Geng Motor di Jakbar Live Instagram Cari Lawan Tawuran

Adhi Indra Prasetya - detikNews
Geng Motor di Jakbar Live Instagram Cari Lawan Tawuran Foto: Adhi Indra Prasetya/detikcom
Jakarta - Geng motor di Jakarta Barat memanfaatkan Instagram untuk menunjukkan eksistensi kelompoknya. Mereka bahkan mengadakan siaran live di Instagram untuk mencari lawan tawuran.

"Geng-geng motor ini, mereka menggunakan media sosial sebelum turun di lapangan," kata Kapolres Jakarta Barat Kombes Hengki Haryadi kepada wartawan di kantornya, Slipi, Jakarta Barat, Selasa (19/2/2019).

Hengki menyebut ada sejumlah akun Instagram yang dicurigai merupakan komunitas geng motor. Hampir setiap malam, terutama pada Jumat dan Sabtu malam, mereka aktif di Instagram dan melakukan siaran langsung di Instagram.

"Akunnya ini di-private sama mereka, jadi memang kita harus menyamar kalau mau mem-follow akunnya untuk memantau aktivitas mereka," sambungnya.

Dari hasil penelusuran polisi, admin akun Instagram kelompok geng motor mengunggah video saat mereka sedang berkeliling di malam hari menggunakan motor. Anggota geng motor tampak mengacung-acungkan senjata tajam.


"Kemudian nanti dia janjian tawuran di Instagram. Kalau ketemu lawan di tawuran," katanya.

Tidak hanya menyerang kelompok lawan, geng motor ini juga kerap menyasar warga yang tidak berdosa. Mereka tidak segan-segan melukai warga sambil merampas barang milik korban.

"Seperti kejadian yang di Tambora dan di Tanjung Duren itu korbannya dua-duanya meninggal karena dibacok," tambahnya.

Polres Jakarta Barat mendeteksi ada 25 kelompok geng motor di wilayah Jakarta Barat dan sekitarnya. Saat ini polisi sudah menangkap 61 orang dari 8 kelompok geng motor yang berbeda.


(mea/mea)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed