DetikNews
Selasa 12 Februari 2019, 10:59 WIB

Tokoh Lintas Agama Deklarasi Pemilu Damai dan Tanpa Hoax

Samsuduha Wildansyah - detikNews
Tokoh Lintas Agama Deklarasi Pemilu Damai dan Tanpa Hoax Foto: Samsuduha Wildansyah/detikcom
Jakarta - Menjelang Pemilu 2019, Polda Metro Jaya mengumpulkan sejumlah tokoh lintas agama. Salah satu tujuannya mencegah penyebaran hoax agar pelaksanaan pemilu berjalan aman dan damai.

Acara itu berlangsung di Balai Pertemuan Polda Metro Jaya, Jakarta, dan dimulai sejak pukul 10.00 WIB. Acara dihadiri Wakapolda Brigjen Wahyu Hadiningrat, Ketua KPUD DKI Jakarta Betty Epsilon Idroos, hingga Ketua MUI DKI Jakarta KH Munahar Mukhtar dan unsur TNI. Ada pula perwakilan tokoh-tokoh dari berbagai agama.

Acara silahturahmi itu mengusung tema 'Mensukseskan Pemilu 2019 Bersama Tokoh-tokoh Lintas Agama'. Brigjen Wahyu membacakan sambutan dari Kapolda Metro Jaya, yang berhalangan hadir dalam acara itu.

"Menjelang pemungutan suara pada bulan April 2019, diprediksi suhu politik ke depan akan hangat. Saya berharap seluruh stakeholder terkait dan tokoh lintas agama memelihara suasana kamtibmas agar aman dan kondusif, menjadi cooling system mengatasi potensi gangguan," kata Wahyu di lokasi, Selasa (12/2/2019).

Wahyu mengatakan saat ini permasalahan masyarakat Indonesia adalah banyaknya hoax yang beredar. Ia mengajak masyarakat ikut menanggulangi sebaran hoax yang marak terjadi akhir-akhir ini.



"Saat ini kita lihat bersama banyaknya terjadi dan marak berita bohong, hoax, fitnah, ujaran kebencian, dan politik identitas. Menghadapi hal itu, Polri tidak bisa bergerak sendiri, harus ada kerja sama stakeholder terkait, khususnya tokoh lintas agama," ungkap Wahyu.

Acara selanjutnya adalah pembacaan ikrar secara bersama-sama. Pembacaan itu dibacakan oleh perwakilan dari lintas agama. Berikut ini isi ikrar bersama yang dibacakan:

Ikrar Bersama Tokoh Lintas Agama 2019

Kami adalah tokoh lintas agama yang tergabung dalam Wadah Forum Kemitraan Religi Kamtibmas Polda Metro Jaya berikrar.

1. Kami siap mendukung tugas-tugas Polri dalam rangka hal kamtibmas dengan menyampaikan pesan-pesan kamtibmas.

2. Kami siap mendukung tugas-tugas Polri dalam memberantas hoax dan ujaran kebencian.

3. Kami siap turut serta dalam mensukseskan pemilu 2019 yang aman dan damai.


(mea/mea)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed