Novel Tolak Tim Gabungan, Polri: Tunggu Hasilnya, Kami Sedang Kerja

Ahmad Bil Wahid - detikNews
Rabu, 16 Jan 2019 15:44 WIB
Kadiv Humas Polri Irjen M Iqbal. (Audrey Santoso/detikcom)
Jakarta - Polri tak mempersoalkan penyidik KPK Novel Baswedan menolak tim gabungan penyidikan kasus teror penyiraman air keras. Polri mengatakan pihaknya sedang bekerja untuk menuntaskan kasus itu.

"Saudara NB (Novel Baswedan) juga saya baca di media-media menolak tim gabungan ini, silakan. Kita harus hargai lembaga resmi. Kami menghargai Koalisi Masyarakat Sipil terima kasih, tapi hargai dong kami juga menghargai lembaga resmi independen, seperti Komnas HAM independen, tidak di bawah siapa pun, tidak di bawah presiden, kita hargai, biarkan berjalan tunggu dong hasilnya," kata Kadiv Humas Polri Irjen M Iqbal di Mabes Polri, Jalan Trunojoyo, Kebayoran Baru, Jakarta Selatan, Rabu (16/1/2019).

Iqbal meminta para pihak yang menuntut kasus ini segera terungkap menunggu hasil kerja Polri. Dia menyebut tim menargetkan kasus ini bisa diungkap secepat mungkin.

"Tunggu hasilnya kami bekerja, saya kira itu. Tunggu hasilnya, kami sedang bekerja tentunya dengan tim gabungan untuk membuat terang benderang kasus ini," ujarnya.


Dia juga berjanji kasus ini ditangani secara serius tanpa ditunda-tunda. Menurutnya, kasus yang dialami Novel merupakan salah satu prioritas untuk diselesaikan.

"Tidak ada urgensinya kami menunda-nunda pengungkapan kasus dan kasus ini, apalagi melanda katakanlah seorang penyidik di KPK, kasus ini masuk dalam kategori prioritas bagi kami," ucapnya.


Novel Baswedan sebelumnya mengkritik tim gabungan bentukan Polri. Bagi Novel, tim itu bukanlah Tim Gabungan Pencari Fakta (TGPF) yang diinginkannya.

"Kami meminta untuk dibentuk Tim Gabungan Pencari Fakta, bukan tim penyidik dan penyelidik. Bedanya apa dengan tim yang sebelumnya?" gugat Novel di kantornya, Jalan Kuningan Persada, Jakarta Selatan, Selasa (15/1).



Saksikan juga video 'Polri Tegaskan Kasus Novel Baswedan Jadi Prioritas, tapi...':

[Gambas:Video 20detik]


Novel Tolak Tim Gabungan, Polri: Tunggu Hasilnya, Kami Sedang Kerja



(abw/idh)