DetikNews
Rabu 16 Januari 2019, 14:08 WIB

Komnas HAM Kritik Visi-Misi Jokowi dan Prabowo: Miskin Imajinasi!

Zunita Putri - detikNews
Komnas HAM Kritik Visi-Misi Jokowi dan Prabowo: Miskin Imajinasi! Komnas HAM mengkritik visi-misi kedua capres. (Zunita Amalia Putri/detikcom)
Jakarta - Komnas Hak Asasi Manusia (HAM) menilai visi-misi kedua pasangan capres-cawapres miskin imajinasi mengenai persoalan HAM. Mereka menilai keduanya tidak menjadikan persoalan HAM sebagai program fokus.

"Ada persoalan serius soal manusia, tapi dua-duanya (pasangan capres) nggak menyebut satu pun sehingga visi-misi keduanya miskin imajinasi," ujar komisioner Komnas HAM Amiruddin Al Rahab saat diskusi di KoDe Inisiatif, Jalan Tebet Timur, Jakarta Selatan, Rabu (16/1/2019).


Amir juga mengatakan visi-misi keduanya tidak memberikan solusi pasti untuk menghadapi persoalan bangsa dan HAM. Dia menyebut keduanya tidak juga menawarkan strategi yang dijalankan untuk persoalan HAM ke depan.

"Nah yang muncul ini di visi-misi ini kayak visi-misi program Bappenas, bukan visi-misi presiden. Visi-misi presiden mestinya mengimplementasi konstitusi Republik Indonesia, soal kenegaraan dan bangsa, bukan soal bangun jembatan. Ini yang saya nggak dapat," katanya.


Menurutnya, persoalan HAM itu adalah norma dasar suatu negara yang seharusnya dijadikan fokus utama oleh kedua paslon.

"Kalau ngomong soal adil-makmur, anak SD juga tahu. Kenapa ini kita sampaikan, karena teman-teman mesti paham bahwa HAM itu bukan instrumen bagian, dia adalah norma dasar kebijakan negara. Makanya dalam konstitusi kita dibilang, ini loh penjabarannya, sehingga kita memang mesti menuntut kepada dua pasangan ini nanti," jelasnya.

"Tahun 1998 itu HAM itu hak dasar perjuangan perubahan sistem politik negara, itu dasarnya, kok hari ini jadi teknis? Oleh karena itu, karena nggak ada visi dan orientasi yang jelas soal ini, jadi kita nggak heran hari ini kedua paslon debatnya gitu aja. Nggak ada gagasan, ada hal sangat menantang, seperti Papua, itu mau diapain. Kalau cuma bilang NKRI harga mati, itu dari awal orang RI ini sudah bilang gitu," sambungnya.


Sementara itu, Ketua KoDe Inisiatif Veri Junaidi menyandingkan visi-misi kedua capres dari empat isu HAM, seperti pemajuan HAM, penanganan pelanggaran HAM masa lalu, perlindungan kelompok rentan dan minoritas, serta kebebasan sipil. Hasilnya, keduanya fokus pada dua hal yang berbeda.

"Dari empat isu, dua di antaranya jadi prioritas Prabowo-Sandi adalah terkait kebebasan sipil dan perlindungan kelompok rentan dan minoritas, terkait isu perlindungan kelompok rentan minoritas, Prabowo punya lebih perlindungan oleh disabilitas, yang lainnya jadi concern Jokowi-Ma'ruf Amin, seperti perlindungan perempuan dan kelompok rentan dan lainnya," tutur Veri.


Simak Juga 'KPU Tak Akan Atur Jadwal Soal Pemaparan Visi Misi Capres':

[Gambas:Video 20detik]


Komnas HAM Kritik Visi-Misi Jokowi dan Prabowo: Miskin Imajinasi!

(gbr/tor)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed