DetikNews
Selasa 08 Januari 2019, 22:15 WIB

TKN Jokowi: Kami Komitmen Tak Lontarkan Isu SARA di Debat Capres

Yulida Medistiara - detikNews
TKN Jokowi: Kami Komitmen Tak Lontarkan Isu SARA di Debat Capres Juru bicara TKN Ace Hasan Syadzily (Azizah/detikcom)
Jakarta - Tim Kampanye Nasional (TKN) Jokowi-Ma'ruf Amin berkomitmen tidak akan melontarkan pertanyaan isu SARA dalam debat capres Pemilu 2019. TKN Jokowi menyebut yang selama ini memakai isu SARA bukan dari pihaknya.

"Kami berkomitmen tidak melontarkan hal-hal yang berbau SARA. Sejak awal, coba siapa yang suka bermain SARA? Pasti bukan kami," kata juru bicara TKN Jokowi-Ma'ruf, Ace Hasan Syadzily, di kantor Bawaslu, Jl MH Thamrin, Jakarta Pusat, Selasa (8/1/2019).


Ace mengatakan nantinya pada segmen pertanyaan dari capres, Jokowi akan menanyakan seputar tema debat.

Ace juga menyoroti tentang visi-misi Prabowo-Sandiaga yang disebut tidak ada istilah hak asasi manusia (HAM) di dalamnya. Namun apakah hal tersebut akan ditanyakan atau tidak, ia masih merahasiakannya.

"Satulah yang harus jadi catatan teman-teman sekalian, bahwa di dalam visi-misi yang ada di Prabowo-Sandi, istilah HAM sama sekali tidak ada. Jadi artinya bahwa mereka tidak menyinggung sama sekali soal HAM," ujarnya.


Saat disinggung apakah pertanyaan yang diajukan akan menjatuhkan pihak lawan, Ace menilai biasa saja. Sebab, saling menjatuhkan program lawan dianggap wajar dalam debat.

"Ya kalau menjatuhkan dalam pengertian debat, konsep, ya itu biasa, memang seharusnya kan begitu," ujar Ace.

Diketahui debat pertama akan digelar pada 17 Januari. Debat akan mengangkat tema tentang hukum, HAM, korupsi, dan terorisme.
(yld/idh)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed