DetikNews
Senin 10 Desember 2018, 02:44 WIB

Kemenristekdikti Pelajari Manajemen Universitas dari Singapura

Ahmad Bil Wahid - detikNews
Kemenristekdikti Pelajari Manajemen Universitas dari Singapura Foto: GettyImages
Jakarta - Kementerian Riset, Teknologi dan Pendidikan Tinggi akan memperkuat kerjasama yang sudah terjalin dengan Singapura. Kemenristekdikti berniat mengambil ilmu dari Singapura tentang pola manajemen perguruan tinggi.

"Karena Indonesia terus meningkatkan kualitas sistem dan program pendidikan tinggi, Indonesia menanyakan apakah Singapura dapat berbagi pola mekanisme pendanaan dan manajemen universitas dari beberapa universitas top Singapura, sebagai referensi untuk orang Indonesia," kata Kepala Biro Kerjasama dan Komunikasi Publik Kemenristekdikti, Nada Marsudi dalam keterangannya, Minggu (9/12/2018).



Pembahasan soal kerjasama itu dilakukan Menristekdikti Mohamad Nasir saat berkunjung ke Singapura pekan ini. Menurut Nasir, Indonesia dan Singapura punya kesamaan dalam semua aspek sehingga pembuat kebijakan Indonesia dapat menilai atau mempelajarinya.

Selain soal manajemen perguruan tinggi, Kemenristekdikti juga menyoroti program pelatihan dan beasiswa. Salah satu pelatihan di Singapura yang juga cocok diterapkan di Indonesia yakni pelatihan digital.

"Di Singapura ada berbagai program pelatihan digital yang didedikasikan untuk masyarakat, untuk mengantisipasi perkembangan Revolusi Industri 4.0, sehingga masyarakat seperti itu benar-benar siap. Kebijakan semacam ini dapat diterapkan di Indonesia juga," ujarnya.



Kemenristekdikti juga menyatakan Indonesia dan Singapura sepakat mendukung pertemuan COST ASEAN. Pertemuan yang akan berlangsung tahun depan itu membahas masalah sains dan teknologi.

"Dalam hal pengembangan teknologi sains dan inovatif, Indonesia dan Singapura juga berkomitmen untuk mendukung program regional di bidang sains, teknologi, dan inovasi melalui ASEAN Committe on Science Technology (COST ASEAN) dan kami menantikan pertemuan COST ASEAN ke-76 berikutnya pertemuan yang akan dilakukan di Indonesia pada Juni 2019," pungkasnya.


(abw/mae)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed