DetikNews
Rabu 05 Desember 2018, 06:33 WIB

Dukung Jokowi, Golkar: Yang Bilang Korupsi Stadium 4 Itu Pesimis

Haris Fadhil - detikNews
Dukung Jokowi, Golkar: Yang Bilang Korupsi Stadium 4 Itu Pesimis Ace Hasan (Foto: dok. DPR)
Jakarta - Golkar mendukung pernyataan Presiden Joko Widodo (Jokowi) soal korupsi di Indonesia yang tidak berada pada stadium 4 atau sangat parah. Menurut Golkar, jika ada yang mengatakan korupsi di Indonesia sudah stadium 4 itu artinya pesimis.

"Pemberantasan korupsi memang menjadi perhatian kita semua. Mengatakan bahwa korupsi sudah pada level stadium 4 tentu sangat berlebihan. Dengan mengatakan bahwa stadium 4 itu artinya sama dengan mengatakan bahwa korupsi tak bisa diobati seperti layaknya kanker. Itu pandangan yang pesimistis. Jangan terlalu pesmistislah kita terhadap bangsa ini," kata Ketua DPP Golkar Ace Hasan Syadzily kepada detikcom, Selasa (4/12/2018) malam.


Dia mengatakan masih ada harapan untuk menciptakan pemerintahan yang bersih. Ace menyatakan ada sejumlah langkah yang perlu terus dilakukan agar pemberantasan korupsi bisa dilakukan secara maksimal.

"Upaya pemberantasan korupsi kan terus dilakukan. KPK sudah melakukan tugasnya dengan baik dalam hal penindakan pelaku tindak pidana tersesbut. Namun, yang tak kalah pentingnya adalah soal pencegahan. Upaya pencegahan itu dilakukan dengan cara mendorong sistem yang mendorong pemerintahan yang bersih. Selain itu, mendorong lembaga penegak hukum lainnya seperti kepolisian dan kejaksaan juga melakukan upaya pemberantasan korupsi," ujarnya.


Sebelumnya, Jokowi mengatakan loncatan CPI (Corruption Perception Index) atau Indeks Persepsi Indonesia Indonesia dari 1998 hingga 2018 sangat signifikan. Saat ini CPI Indonesia ada di angka 37. Jokowi pun menegaskan jangan sampai ada yang mengatakan indeks korupsi di Indonesia sudah masuk tahap stadium 4.

"Dari yang terjelek se-ASEAN, sekarang naik menjadi CPI ke angka 37, ini patut disyukuri. Jangan sampai ada yang bilang korupsi kita stadium 4, tidak ada," kata Jokowi seusai Peringatan Hari Antikorupsi Sedunia (Harkodia) 2018 di Gedung Bidakara, Pancoran, Jakarta Selatan, Selasa (4/12).

Soal korupsi sudah stadium 4 atau kategori parah ini juga sempat disinggung oleh capres Prabowo Subianto. Saat itu dia mengatakan korupsi yang akan merusak masa depan Indonesia.

"Korupsi di Indonesia sudah sangat parah. Ini yang merusak masa depan kita," kata Prabowo saat menjadi pembicara di The World in 2019 Gala Dinner di Grand Hyatt Hotel, Singapura, Selasa (27/11) lalu.



Simak juga video 'Hasrat Jokowi Membangun Bangsa Antikorupsi':

[Gambas:Video 20detik]


(haf/haf)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed