13 Kapal Pengangkut Sampah Belum Cukup Bersihkan Laut Jakarta

Ardhi Indra Prasetya - detikNews
Minggu, 25 Nov 2018 23:19 WIB
Kapal pengangkut sampah laut Jakarta. (Adhi Indra Prasetya/detikcom)
Jakarta - Setiap hari kapal-kapal dari Dinas Lingkungan Hidup melaut untuk menyisir perairan Jakarta, mengambil sampah-sampah yang mengapung. Namun jumlah kapal itu masih belum cukup.

Hal ini diungkapkan oleh Kepala Seksi Pengendalian Dampak Lingkungan dan Kebersihan Suku Dinas Lingkungan Hidup Kepulauan Seribu, Ary Prabowo (41). Ditemui di dekat Dermaga Perikanan Angke, Pluit, Jakarta Utara pada Jumat (23/11/2018) siang, dia merasa bahwa jumlah kapal yang lebih banyak diperlukan agar setiap jengkal perairan Jakarta lebih mudah ditangani dan diawasi.

13 Kapal Pengangkut Sampah Belum Cukup Bersihkan Laut JakartaKapal pengangkut sampah laut Jakarta. (Adhi Indra Prasetya/detikcom)

Saat ini ada 13 kapal yang berfungsi untuk mengambil dan mengangkut sampah-sampah yang ada di perairan Jakarta dan juga pulau-pulau di Kabupaten Kepulauan Seribu, namun hanya 4 yang bertugas di sekitar Teluk Jakarta. Nurul Huda (36), salah satu ABK yang ditemui bersama Ary, menjelaskan rute-rute pengambilan sampah kapal-kapal tersebut.


"Kapal pertama, kapal 02 bertugas ke barat, di Green Bay, Kaliadem, Kawasan Mangrove, dan Grand Cengkareng. Itu menyisir (sekitar pantai). Sedangkan kapal 03 dari sini bergerak ke Marunda. Lalu kapal 04 zona kerjanya di sekitar Regatta, Kalibaru, dan Ancol. Terakhir, kapal 05 bertugas di zona Cilincing dan Bogasari di Kalibaru. Mereka ada zona titik per titik," ujar Huda.


13 Kapal Pengangkut Sampah Belum Cukup Bersihkan Laut JakartaRuang kemudi kapal pengangkut sampah laut Jakarta. (Adhi Indra Prasetya/detikcom)


Jumlah kapal yang ada dengan luas wilayah yang harus diawasi dianggap Ary saat ini masih belum ideal.

"Memang masih kurang, untuk menangani bentangan pesisir Jakarta masih kurang. (Memang) masih harus dikaji (terkait berapa kapal yang dibutuhkan), tapi menurut pengamatan kami harusnya di masing masing titik," ujarnya.


Menurut Ary, jika area jaga kapal-kapal ini lebih kecil, tentu kerja dari Dinas Lingkungan Hidup bisa lebih mudah. "Menurut saya, idealnya mungkin satu kapal per mil (untuk mengawasi dan membersihkan sampah di Teluk Jakarta). Kalau sekarang kan dari total jarak berapa mil, kapalnya hanya 4. Pasti kewalahan," tutupnya.


13 Kapal Pengangkut Sampah Belum Cukup Bersihkan Laut JakartaFoto: Sampah Plastik Jakarta (Adhi Indra Prasetya/detikcom)
(dnu/dnu)