DetikNews
Rabu 21 November 2018, 14:12 WIB

Susuri Sungai Ciliwung 13 Km, Pangdam Jaya: Masih Banyak Sampah

Matius Alfons - detikNews
Susuri Sungai Ciliwung 13 Km, Pangdam Jaya: Masih Banyak Sampah Pangdam Jaya Mayjen TNI Joni Supriyanto menyusuri Sungai Ciliwung. (Alfons/detikcom)
Jakarta - Panglima Kodam Jaya (Pangdam Jaya) Mayjen TNI Joni Supriyanto bersama Kepala Balai Besar Wilayah Sungai Ciliwung-Cisadane menyusuri Sungai Ciliwung sejauh 13 km. Dia mengatakan masih banyak sampah yang terlihat di sepanjang sungai.

"Kita sudah menelusuri dari Rindam Jaya sampai Manggarai sini. Di kanan-kiri kita lihat masih banyak sampah," kata Mayjen TNI Joni kepada wartawan di Pintu Air Manggarai, Jakarta Selatan, Rabu (21/11/2018).


Joni mengatakan, berdasarkan hasil pantauan, masih ada beberapa tempat yang pasti kena banjir. Potensi banjir itu harus diantisipasi.

"Perlu kita antisipasi, kita siapkan 2.500 personel ya, ada Babinsa untuk memantau yang bertanggung jawab untuk kebersihan. Nanti kita siapkan tempat-tempat penampungan untuk antisipasi banjir," ucap Joni.

"Kita punya banyak alat membantu masyarakat menanggulangi banjir, banyak, over craft, ada sampan dayung," sambungnya.

Joni menyampaikan antisipasi menjadi tugas bersama. Masyarakat diimbau turut membantu dengan tidak buang sampah ke sungai.

"Kami mengimbau untuk masyarakat semuanya, jangan buang sampah di sungai, nanti berpotensi banjir. Kita mengajak masyarakat bahwa yang sudah jadi ini (normalisasi) bagus," tutur Joni.

Susuri Sungai Ciliwung 13 Km, Pangdam Jaya: Masih Banyak SampahPangdam Jaya Mayjen TNI Joni Supriyanto menyusuri Sungai Ciliwung. (Alfons/detikcom)

Sementara itu, Kepala Balai Besar Wilayah Sungai Ciliwung-Cisadane Bambang Hidayah mengatakan pihaknya siap melakukan normalisasi. Pihaknya akan berfokus melakukan normalisasi dulu sebelum naturalisasi.

"Fokus kita adalah normalisasi, membuat Sungai Ciliwung mampu menampung dan melewatkan air banjir. Kalau kita natural, lalu airnya melimpah ke kiri-kanan, kan percuma saja," ujar Bambang.
(idh/idh)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed