DetikNews
Jumat 16 November 2018, 16:10 WIB

LSI Jawab FPI soal Survei Habib Rizieq Bermodus Adu Domba

Mochamad Zhacky - detikNews
LSI Jawab FPI soal Survei Habib Rizieq Bermodus Adu Domba Foto: Zunita Amalia Putri/detikcom
Jakarta - Pihak Lingkar Survei Indonesia (LSI) Denny JA tak mempersoalkan pernyataan kuasa hukum Front Pembela Islam (FPI), Munarman, yang menyebut survei soal pengaruh ulama sebagai modus adu domba. Peneliti LSI Denny JA, Rully Akbar, menegaskan survei tersebut dilakukan bukan untuk memeringkat ulama-ulama Tanah Air.

"Ya sebenarnya tidak ada masalah. Sesuai statement saya sebelumnya bahwa LSI tidak me-ranking kadar keulamaan, tapi kami memotret efek elektoral dari para ulama dengan parameter tersendiri," kata Rully saat dimintai tanggapan detikcom, Jumat (16/11/2018).




Rully memastikan hasil survei tentang pengaruh sejumlah ulama itu didapat berdasarkan hasil penelitian. Soal hasil survei itu dianggap punya manfaat atau tidak, lanjut Rully, biar publik yang menilai.

Perihal FPI tidak menyukai survei LSI, "Kami tidak mempermasalahkan soal itu. Yang terpenting kami memberikan kajian ilmiah ter-update terkait dengan pilpres. Biar publik yang menilai seberapa penting survei kami untuk kepentingan umum dan akademis," ujar Rully.

Sebelumnya, Munarman menganggap survei LSI Denny JA soal pengaruh sejumlah ulama di Indonesia sebagai modus adu domba. Munarman lalu mengimbau seluruh anggota dan simpatisan FPI tidak menyampaikan pernyataan kontroversial mengenai hasil survei itu.




"Kepada jajaran pengurus serta simpatisan FPI serta pencinta HRS (Habib Rizieq Syhab), jangan mau masuk jebakan soal peringkat buatan LSI tersebut. Jangan mau dipancing untuk membuat pernyataan kontroversi tentang survei LSI. Apalagi HRS dibanding-bandingkan dengan ulama lainnya," kata Munarman melalui pesan WhatsApp, Jumat (16/11).

Munarman juga sempat menyebut survei LSI dibayar. Menurutnya, hasil survei LSI sesuai dengan kemauan yang membayar.

"LSI (kok) didengerin. Survei berbayar itu, hasil sesuai yang order," kata kuasa hukum FPI Munarman saat dimintai tanggapan, Rabu (14/11).

Berdasarkan survei LSI Denny JA, pengaruh Habib Rizieq merosot karena masalah hukum. Pengaruh Habib Rizieq, merujuk pada survei itu, kalah dari sejumlah ulama lain, di antaranya Ustaz Abdul Somad, Ustaz Arifin Ilham, dan Ustaz Yusuf Mansur.


Simak Juga 'Inilah 5 Ulama Paling Berpengaruh di Indonesia Versi LSI':

[Gambas:Video 20detik]



(zak/fjp)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed