detikNews
Senin 05 November 2018, 14:15 WIB

Viral Pria Diduga Penculik di Depok, Ternyata Sedang Gendong Kucing

Matius Alfons - detikNews
Viral Pria Diduga Penculik di Depok, Ternyata Sedang Gendong Kucing Ilustrasi (Edi Wahyono/detikcom)
Jakarta - Seorang pria berinisial AL sempat diamankan di Depok, Jawa Barat, karena diduga hendak menculik anak-anak. Polisi menyatakan pria itu bukan penculik, melainkan sedang menggendong kucing.

Peristiwa itu terjadi di Kalibaru, Cilodong, Depok, pada Minggu (4/11). Pria itu diserahkan kepada polisi dalam kondisi babak belur.

"Penyidik Polresta Depok menerima penyerahan seseorang yang dicurigai melakukan suatu peristiwa pidana karena ada perilakunya yang tidak wajar," ucap Kapolresta Depok Kombes Didik Sugiarto saat dimintai konfirmasi, Senin (5/11/2018).



Didik menjelaskan, sekitar pukul 11.00 WIB, seorang saksi berinisial R (34) sedang berjalan kembali ke rumah. Dia lalu melihat perilaku AS yang mencurigakan.

"Sempat dibawa ke rumah warga, diinterogasi, lalu kemudian dilakukan pertanyaan-pertanyaan yang sifatnya ada apa di sini, sedang apa, dan mau ke mana sebelum akhirnya diserahkan ke polisi," jelas Didik.

Setelah dicek polisi, AL ternyata menggendong kucing dan bukan berniat menculik anak-anak. Banyaknya kabar simpang siur soal penculikan membuat saksi mencurigai AL.

"Menggendong sesuatu, sesuatu itu setelah kita klarifikasi lebih dalam ternyata yang digendong adalah seekor kucing. Saksi mencurigai karena mungkin saksi beberapa kali mendengar peristiwa penculikan, makanya saksi mencurigai pelaku," ucap Didik.



Didik menegaskan tidak ada penculikan yang terjadi di kawasan tersebut. Selanjutnya, AL akan menjalani pemeriksaan psikologis.

"Langkah selanjutnya, tim penyidik akan lakukan pemeriksaan psikologi dan minta bantuan ke RS Polri untuk dilakukan observasi pemeriksaan psikologi," ujar Didik.

Didik mengimbau masyarakat melapor ke polisi lebih dulu jika ada dugaan peristiwa pidana. Masyarakat juga diajak lebih bijak sebelum membagikan kabar yang belum terverifikasi kebenarannya.
(imk/imk)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com