detikNews
Minggu 14 Oktober 2018, 10:22 WIB

BKSDA Aceh Sita 3 Burung Rangkong dan 2 Kukang dari Warga

Datuk Harris Maulana - detikNews
BKSDA Aceh Sita 3 Burung Rangkong dan 2 Kukang dari Warga Foto: BKSDA Sita burung Rangkong (Haris-detik)
Jakarta - Balai Konservasi Sumber Daya Alam (BKSDA) Aceh menyita satwa dilindungi dari warga di Bener Meriah dan Aceh Tengah, Aceh. Jumlah satwa yang disita 2 ekor burung rangkong, 1 ekor burung rangkong julang emas dan 2 ekor kukang.

Kepala BKSDA Aceh Sapto Aji Prabowo mengatakan burung rangkong julang emas berkelamin jantan ini disita pihaknya di daerah Singah Mulo, Kecamatan Gajah Putih, Bener Meriah. Petugas BKSDA Aceh resort wilayah 6 Takengon bersama LSM FKL wilayah Langsa dan Reskrim Polres Bener Meriah menyitanya dari warga setempat.




Selain itu, petugas juga mendapatkan informasi tentang keberadaan hewan dilindungi pada warga di daerah Lot Kala, Kecamatan Kebayakan, Aceh Tengah. Petugas pun berhasil menyita 2 ekor burung jenis rangkong dan 2 ekor kukang. Burung jenis rangkong yang disita berjenis kelamin jantan dan betina.



"Jumlah totalnya ada 5 satwa liar yang telah kita amankan dari masyarakat. Saat kita dapat burung dilindungi itu sedang dalam kondisi kurang baik," sebut Sapto saat diwawancara, Minggu (14/10/2018).

Untuk mendapatkan perawatan lebih lanjut, ketiga ekor burung rangkong itu di bawa petugas ke kantor BKSDA seksi konservasi wilayah 1 di Lhokseumawe.

"Untuk burung rangkong sudah kita bawa ke kantor BKSDA seksi konservasi wilayah 1 di Lhokseumawe untuk diberikan perawatan lebih lanjut. Nanti, hewan-hewan di lindungi ini pun akan kita lepasliarkan kembali ke habitatnya," tutur Sapto.



(rvk/asp)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com