DetikNews
Rabu 26 September 2018, 10:10 WIB

Novanto hingga TB Hasanuddin Jadi Saksi di Sidang Bakamla

Zunita Putri - detikNews
Novanto hingga TB Hasanuddin Jadi Saksi di Sidang Bakamla Suasana persidangan kasus suap proyek di Bakamla dengan terdakwa Fayakhun Andriadi (Foto: Zunita Amalia Putri/detikcom)
Jakarta - Koruptor e-KTP Setya Novanto akan bersaksi dalam sidang lanjutan perkara suap terkait proyek satelit monitoring di Badan Keamanan Laut (Bakamla). Novanto akan bersaksi untuk terdakwa Fayakhun Andriadi.

Selain Novanto, jaksa KPK juga menjadwalkan pemeriksaan saksi TB Hasanuddin serta mantan Kepala Bakamla Arie Soedewo.




"Saksi Fayakhun hari ini Setya Novanto, Arie Soedewo, dan TB Hasanuddin," ucap jaksa KPK Takdir Suhan sesaat sebelum sidang di Pengadilan Tipikor Jakarta, Rabu (26/9/2018).

Jaksa berencana mengkonfrontasi keterangan Novanto dengan keponakannya, Irvanto Hendra Pambudi Cahyo, yang juga dijadwalkan pemeriksaannya. Selain itu, staf Fayakhun bernama Agus Gunawan juga dijadwalkan sebagai saksi.

"Ditambah konfrontir Irvanto dan staf Fayakun, Agus Gunawan," ucapnya.




Dalam persidangan sebelumnya Irvanto membantah menerima SGD 500 ribu dari Agus. Padahal, Fayakhun mengaku memerintah Agus memberikan uang itu ke Irvanto untuk diteruskan ke Novanto.

Dalam perkara ini, Fayakhun didakwa menerima suap berupa USD 911.480 atau sekitar Rp 13 miliar dari mantan Direktur PT Merial Esa, Fahmi Darmawansyah. Uang suap itu dimaksud agar Fayakhun menambahkan anggaran Bakamla untuk proyek pengadaan satellite monitoring dan drone.




Tonton juga 'Jadi Saksi Korupsi Bakamla, Keponakan Setnov Kenakan Sepatu Rp 11 Juta':

[Gambas:Video 20detik]


(zap/dhn)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed