DetikNews
Selasa 25 September 2018, 05:46 WIB

Laporan Dari New York

Puan Akan Ikut Bahas Penanganan TBC di Sidang Umum PBB

Rina Atriana - detikNews
Puan Akan Ikut Bahas Penanganan TBC di Sidang Umum PBB Menko PMK, Puan Maharani. (Rina Atriana/detikcom)
New York - Menteri Koordinator Pembangunan Manusia dan Kebudayaan Puan Maharani akan ikut hadir di sidang umum PBB ke-73 di New York, Amerika Serikat. Salah satu isu yang akan ikut dibahas Puan adalah terkait penanganan penyakit tuberculosis (TBC).

Sidang umum PBB akan dimulai pada Selasa (24/9) pagi waktu New York atau Selasa malam waktu Jakarta. Sementara itu konferensi tingkat tinggi (KTT) perang melawan tuberculosis akan digelar pada Rabu (25/9) pagi waktu New York.

"Dalam UNGA (sidang umum PBB) kali ini, hadir pula Ibu Menkes karena salah satu poin yang akan dibahas berkaitan dengan Sustainable Development Goals (SDGs). Salah satu masalah yg nanti akan dibahas adalah terkait dengan penyakit tuberculosis atau TBC," di sela Mandela Peace Summit di Markas Besar PBB, New York, Senin (24/9/2018).



"TBC adalah salah satu penyakit menular yang tingkat kematiannya nomor 4 di dunia, yang menyebabkan seluruh negara yang hadir pada UNGA harus punya komitmen bahwa tahun 2030 tuberculosis harus sudah bisa dihilangkan atau kemudian diturunkan tingkat kematiannya," jelasnya.

Puan menjelaskan, TBC merupakan penyakit menular yang bukan hanya ada di daerah-daerah terpencil, tapi juga telah meluas sampai perkotaan.


"Yang paling menyedihkan adalah ternyata penyakit menular TBC banyak menyebabkan kematian di kota-kota besar. Jadi bukan hanya di pedesaan atau di tempat terpencil, sudah merambah ke daerah pedesaan," tutur Puan.

"Oleh karena itu harus ada komitmen dari seluruh negara yang hadir di UNGA hari ini untuk bersama-sama memberikan komitmennya bahwa pada 2030 TBC ini bisa segera selesai," imbuhnya.



Saksikan juga video 'Puan Minta Kemenristekdikti Proaktif Antisipasi Radikalisme di Kampus':

[Gambas:Video 20detik]


(rna/dnu)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed