DetikNews
Sabtu 22 September 2018, 17:05 WIB

Jokowi Hormat saat Lagu Indonesia Raya Dikritik, PPP: Tak Substansi

Yuni Ayu Amida - detikNews
Jokowi Hormat saat Lagu Indonesia Raya Dikritik, PPP: Tak Substansi Foto: Capres Jokowi hormat saat lagu 'Indonesia Raya' di KPU. (Andhika Prasetia/ detikcom)
Jakarta - Sikap Jokowi yang hormat saat lagu 'Indonesia Raya' berkumandang di pengundian nomor urut, dikritisi. Sebab, hanya Jokowi yang melakukan, sedangkan Prabowo Subianto, Sandiaga Uno dan Ma'ruf Amin hanya berdiri tegak. Koalisi Jokowi-Ma'ruf menilai kritikan itu tidak substansi.

"Saya kira begini, itulah bagian yang ingin kita sampaikan. Kita ini jangan mempersoalkan hal-hal seperti itu lah, itu kan tidak substansi," kata Sekjen PPP Asrul Sani di Posko Cemara, Menteng, Jakarta Pusat, Sabtu (22/9/2018).


Kata Asrul, Jokowi dan Prabowo sudah berpesan untuk kampanye damai, adu gagasan, ide, inisiatif, dan rekam jejak. Menurut Asrul, pesan itu yang mesti didengar.

"Saya lihat di media sosial masih itu saja yg dipersoalkan, padahal pesan kedua calon presiden ini kan sudah nyata, agar damai, dalam konteks adu gagasan," ujarnya.

Asrul mencontohkan, Prabowo dalam pidatonya selalu menyampaikan ingin mensejahterakan rakyat. Konsep penyejahteraan itu seharusnya yang menjadi diskusi.

"Pak Prabowo sendiri kan selalu dalam pidatonya ingin mensejahterakan rakyat Indonesia. Nah itu yang ingin kita dengar sebetulnya, detail konsepnya mensejahterakan rakyat Indonesia itu seperti apa gagasan alternatifnya ketimbang yang sudah digagas atau ditempuh Pak Jokowi," tuturnya.


Aturan terkait sikap ketika lagu kebangsaan berkumandang ada dalam Undang-Undang Nomor 24 Tahun 2009 tentang Bendera, Bahasa, Lambang Negara, dan Lagu Kebangsaan.

Pada Pasal 62 dijelaskan, saat lagu 'Indonesia Raya' berkumandang, setiap orang wajib berdiri tegak dan bersikap hormat. Berikut isi pasal itu.

"Setiap orang yang hadir pada saat Lagu Kebangsaan diperdengarkan dan/atau dinyanyikan, wajib berdiri tegak dengan sikap hormat."


Arti dari 'berdiri tegak dengan sikap hormat' yang dimaksud pada Pasal 62 juga dijelaskan dengan rinci. Berikut penjelasannya.

"Yang dimaksud dengan "berdiri tegak dengan sikap hormat" pada waktu lagu kebangsaan diperdengarkan/dinyanyikan adalah berdiri tegak di tempat masing-masing dengan sikap sempurna, meluruskan lengan ke bawah, mengepalkan telapak tangan, dan ibu jari menghadap ke depan merapat pada paha disertai pandangan lurus ke depan."



Saksikan juga video 'Ungkapan Bangga Ma'ruf Amin Dampingi Jokowi':

[Gambas:Video 20detik]


(idh/hri)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed